Flash News
No posts found

Ditemui Gubernur, Anggap Percuma

Warga penolak pabrik semen masih bertahan di bawah tenda, Senin siang.

Warga penolak pabrik semen masih bertahan di bawah tenda, Senin siang.

Bulu – Bulan Ramadan tidak menyurutkan semangat puluhan warga penolak rencana pembangunan pabrik semen, untuk tetap bertahan di bawah tenda, dekat akses jalan menuju tapak pabrik PT Semen Indonesia. Mereka kebanyakan kaum wanita berasal dari desa Tegaldowo dan Timbrangan. Tidur, sholat hingga memasak, semua berlangsung di bawah tenda.

Seorang warga desa Tegaldowo Kec. Gunem, Joko Priyanto membantah adanya kabar jumlah massa di tenda berkurang. Kalaupun memilih pulang, bukan karena mengubah keputusan, berbalik setuju terhadap investor pabrik semen. Namun kebetulan ada keperluan lain, setelah itu kembali lagi ke tenda. Yang jelas masyarakat penolak masih kompak.

Joko Priyanto mengakui baru baru ini, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga datang menyambangi tenda penduduk. Gubernur menyarankan supaya warga mau diajak duduk, bersama sama membedah analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) pabrik semen. Silahkan warga membawa pakar yang dipercaya, untuk mengkritisi jika terjadi kejanggalan. Joko menimpali tawaran tersebut kurang tepat, lantaran warga tidak mempunyai akses untuk mengajak tenaga ahli lingkungan. Lagipula ia menilai percuma saja berembug, apabila proses pembangunan tetap berjalan. Kedatangan Gubernur, menurutnya belum mencerminkan keadilan bagi seluruh masyarakat.

Sementara itu, Ubaidillah Ahmad, ulama asal Pamotan berpendapat masyarakat telah melayangkan nota keberatan terhadap pembangunan pabrik semen di tengah hutan, turut tanah desa Kadiwono Kec. Bulu itu. Bupati dan gubernur sudah berusaha datang, menyerap aspirasi. Biar pemerintah yang menyelesaikan masalah tersebut. Ia merasa kasihan, sekaligus menyarankan warga pulang ke rumah, daripada terus terusan bertahan di tenda. Apalagi sekarang bertepatan dengan bulan suci Ramadan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *