Flash News
No posts found

“Dari Simulator Pesawat Terbang Hingga Aquarium Laut..”

Gapura masuk Museum Kartini Rembang.

Gapura masuk Museum Kartini Rembang.

Rembang – Museum RA Kartini yang menempati bekas pendopo rumah dinas Bupati Rembang, tahun ini siap dipoles lebih bagus.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda Dan Olahraga Kab. Rembang, Sunarto menjelaskan ada dua gagasan besar yang akan segera diwujudkan. Pertama tentang permainan edukasi, terdiri dari penambahan 9 fasilitas seperti kipas angin tanpa baling baling, sensor sentuh, simulator pesawat terbang dan pojok dirgantara.

Selain permainan edukasi, pihaknya juga menyiapkan sarana hiburan berupa bioskop tiga dimensi, aquarium air laut dan karaoke keluarga. Upaya tersebut untuk mengemas keberadaan museum lebih menarik, jangan hanya monoton. Apalagi belakangan masyarakat wisatawan cenderung suka datang ke obyek wisata air dan alam, daripada masuk museum, karena dianggap membosankan. Berulang kali Gubernur Jawa tengah, Ganjar Pranowo meminta Pemkab giat mencari inovasi, sehingga museum tetap dilirik, terutama oleh generasi muda. Kalau mereka mau datang, tentu bisa mengetahui kisah perjuangan RA Kartini dan diharapkan mau meneladaninya.

Sunarto menambahkan dana sekira Rp 695 juta dari APBD Rembang sebenarnya sudah siap pada alokasi anggaran induk tahun ini. Hanya saja karena sempat terjadi kesalahan rekening, mengakibatkan proses lelang tertunda. Dinbudparpora musti merevisi rekening untuk proyek itu dan sekarang diusulkan kembali melalui APBD Perubahan tahun 2014.

Apabila kelak dilengkapi berbagai sarana penunjang, Sunarto menargetkan jumlah pengunjung Museum Kartini akan naik 100 %, dibandingkan sebelumnya. Soal perubahan tiket masuk, akan dikaji lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *