Flash News
No posts found

Kemenag Sampaikan Ijazah Sah, Pemkab Tunda Keputusan

Warga desa Bonang bertemu dengan PLT Bupati, Abdul Hafidz.

Warga desa Bonang bertemu dengan PLT Bupati, Abdul Hafidz.

Rembang – Sekira 25 orang warga desa Bonang Kec. Lasem mendatangi Kantor Bupati Rembang, untuk melaporkan ijazah kepala desa Bonang, Syaeful Sodiqin, yang mereka anggap bermasalah. Syaeful mengantongi ijazah tingkat Ibtida’iyah Tsanawiyyah dari Madrasah Diniyah Islahiyah Arrohimiyyah.

Warga ditemui Pelaksana Tugas Bupati Rembang, Abdul Hafidz, di ruang rapat Bupati. Hasan, seorang warga desa Bonang berharap pemerintah kabupaten Rembang cepat menuntaskan masalah tersebut. Ia beralasan pro dan kontra seputar kepemimpinan Kades, telah menimbulkan warga terkotak kotak.

Saat pertemuan itu, warga desa Bonang menunjukkan surat pemberitahuan perkembangan hasil penyelidikan dari Polres Rembang. Mereka melontarkan kesaksian Djasim dari pegawai Kementerian Agama Kab. Rembang, bahwa ijazah kelulusan Syaeful Sodiqin belum bisa disetarakan dengan pendidikan menengah pertama, tapi kalau dari sisi satuan pendidikannya, sudah masuk tingkatan menengah pertama atau sederajat.

Djasim yang hadir menyatakan ijazah tersebut sah. Setara atau tidak, tergantung penggunaannya, karena terkadang masih menggunakan kearifan lokal. Selama masyarakat percaya dan bisa dipertanggungjawabkan, tidak masalah. Saat diperiksa penyidik, ia sudah membeberkan semua.

Pelaksana Tugas Bupati Rembang, Abdul Hafidz menyatakan Pemkab melalui Inspektorat juga menindaklanjuti masalah di desa Bonang, tapi hasilnya belum dilaporkan. Nanti data Inspektorat dan hasil penyelidikan Polres Rembang akan digabung, untuk mengambil keputusan. Tentu tak bisa langsung menghentikan jabatan Kades Bonang. Banyak tahapan yang harus dilewati.

Sebelumnya, Kades Bonang, Syaeful Sodiqin mempersilahkan masyarakat melapor, kalau tidak puas terhadap ijazah yang dimilikinya. Semua merupakan hak asasi warga.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *