Flash News
No posts found

Pilpres, PPL Punya Kewenangan Super

Ketentuan PPL bisa merekomendasikan pemungutan suara ulang.

Ketentuan PPL bisa merekomendasikan pemungutan suara ulang.

Rembang – Panitia Pengawas Pemilu Kab. Rembang akan dibantu ratusan relawan, yang disebar ke tiga kecamatan paling rawan, untuk ikut mengawasi Pemilu Presiden, hari Rabu (09 Juli 2014).

Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kab. Rembang, Mukhlis Ridho menuturkan ada 155 orang relawan, sebagian besar dari kalangan mahasiswa. Mereka dibekali kartu identitas dan langsung bergerak ke Kec. Sumber, Sedan dan Sarang. Tiga kecamatan ini diprioritaskan, karena dari sisi tensi politik, cenderung lebih menghangat dibandingkan kecamatan lain. Relawan nantinya berkoordinasi dengan Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) maupun Panwas Kecamatan setempat. Bantuan relawan, menurutnya cukup bermanfaat. Jumlah PPL yang hanya 705 orang dan Panwas Kecamatan 42 personel, masih kurang ideal.

Mukhlis Ridho menambahkan dalam Pemilu Presiden kali ini, posisi Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) tingkat desa, sangat strategis, karena bisa merekomendasikan pemungutan suara ulang. Kewenangan semacam itu tidak dimiliki oleh Panwas Kecamatan maupun Panwas Kabupaten sekalipun. Ada sejumlah sebab, pemungutan suara bisa diulang. Misalnya, pembukaan kotak suara atau berkas tidak sesuai aturan, KPPS meminta pemilih memberikan tanda khusus, tanda tangan atau menuliskan nama/alamat pada surat suara, kemudian KPPS merusak lebih dari 1 surat suara yang sudah digunakan oleh pemilih, sehingga surat suara tidak sah atau terjadi pemilih mencoblos lebih dari satu kali.

Maka sejak lama, pihaknya membekali PPL untuk mencermati pelanggaran dan jangan mudah goyah, meski muncul intervensi.

Seorang Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) di desa Sedan Kec. Sedan, Arifin menganggap dengan hanya ada dua pasangan calon, mudah mengawasi selama proses pemungutan dan penghitungan suara. Tapi tanggung jawab pengawasan Pemilu Presiden memang lebih berat, dibandingkan Pemilu Legislatif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *