Flash News
No posts found

Tak Terpengaruh Saling Klaim

Seorang pengawas pemilu lapangan di Rembang serius mengamati proses rekap suara.

Seorang pengawas pemilu lapangan di Rembang serius mengamati proses rekap suara.

Rembang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang memastikan proses rekapitulasi suara Pemilu Presiden secara manual ditingkat desa telah selesai, hari Sabtu (12 Juli 2014).

Komisioner KPU Kabupaten Rembang, M. Salam menjelaskan desa desa di kecamatan Sedan baru selesai merekap suara paling belakang, namun tidak melebihi batas waktu yang telah digariskan. Situasi kabupaten Rembang relatif aman dan tidak ada protes mencolok dari tim sukses kedua pasangan calon. Artinya kondisi ini cukup melegakan, tak terpengaruh dengan saling klaim kemenangan elite politik.

M. Salam menambahkan setelah panitia pemungutan suara (PPS) desa selesai menggelar rekapitulasi manual, mereka langsung mengirimkan data penghitungan suara beserta logistik ke panitia pemilihan kecamatan (PPK). Seluruhnya disimpan dalam ruangan khusus, dijaga oleh aparat kepolisian. Tak sembarangan orang, bebas masuk ruangan, untuk mengantisipasi kemungkinan adanya kecurangan. Nantinya giliran PPK melanjutkan rekapitulasi suara, antara hari Sabtu sampai Selasa pekan depan. Kalau dari desa beres, harapannya di kecamatanpun tak muncul masalah.

Menurutnya penyelenggara Pemilu sudah disumpah untuk menjalankan tahapan sesuai prosedur. Lagipula ada pengawasan dari Panwas Pemilu, sehingga potensi sabotase sangat kecil.
Meski rekap manual belum selesai, namun KPU Kabupaten Rembang sempat melakukan penghitungan cepat di 1.291 tempat pemungutan suara. Hasilnya pasangan Jokowi – JK sementara unggul dengan meraih 196 ribuan suara, sedangkan Prabowo – Hatta 102 ribuan suara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *