Flash News
No posts found

Akhirnya Ikut Digugat, Bongkar

Kotak suara berisi dokumen Pilpres dibuka oleh Komisioner KPU Kab. Rembang, Jumat pagi (08/8).

Kotak suara berisi dokumen Pilpres dibuka oleh Komisioner KPU Kab. Rembang, Jumat pagi (08/8).

Rembang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Rembang termasuk bagian yang digugat oleh pasangan Prabowo Subianto – Hatta Radjasa, dalam sidang gugatan Hasil Pemilu Presiden di Mahkamah Konstitusi MK Jakarta.

Semula saat sidang pertama, kabupaten Rembang lolos. Tapi ketika majelis hakim MK menyarankan pasangan Prabowo – Hatta untuk melakukan perbaikan, setelah itu Kab. Rembang menjadi salah satu daerah yang tercantum dalam materi gugatan.

Komisioner KPU Kab. Rembang, Maftukin mengatakan pasangan Prabowo – Hatta mempertanyakan kenapa di kabupaten Rembang terdapat 1.000 an orang daftar pemilih tambahan (DPTb) dan 3 ribuan orang daftar pemilih khusus tambahan (DPKTb). DPKTb merupakan pemilih yang tidak masuk DPT maupun daftar pemilih khusus, namun memenuhi syarat sebagai pemilih. Mereka menunjukkan KTP dan baru boleh mencoblos, satu jam sebelum penutupan pemungutan suara. Pihaknya menyiapkan jawaban secara tertulis, sekaligus melampirkan bukti bukti formulir daftar hadir pemilih atau C 7. Khusus daftar pemilih khusus tambahan akan dilengkapi pula dengan dokumen pengesahan oleh kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

Hari Jumat (08 Agustus 2014), KPU Kabupaten Rembang membuka kotak suara hasil Pemilu Presiden dan Wakil Presiden di ruang bagian belakang sekretariat KPU. Isi dokumen berupa hasil rekapitulasi manual tingkat TPS, desa, kecamatan dan kabupaten, serta data pendukung, semua diambil.

Dokumen akan langsung dibawa ke Jakarta secepatnya, Jumat sore atau Sabtu pagi, untuk bahan penasehat hukum KPU Pusat di Mahkamah Konstitusi.

Maftukin menambahkan tidak hanya kabupaten Rembang, tetapi hampir 35 KPU kabupaten/kota di Jawa Tengah, juga menuai gugatan pasangan nomor urut 1, Prabowo – Hatta. Ia menganggap hal itu merupakan hak konstitusional pasangan calon. Sebagai penyelenggara Pemilu ditingkat daerah, tentu harus siap menanggapi gugatan tersebut. Karena selama proses rekapitulasi berjenjang, beberapa waktu lalu, tidak ada keberatan, pria warga desa Sulang Kec. Sulang ini optimis khusus kabupaten Rembang bisa langsung terjawab.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *