Flash News
No posts found

Nasdem Setia, 4 Parpol Bermanuver

DPRD Rembang melangsungkan sidang paripurna, belum lama ini. Pembentukan fraksi menjadi sesuatu yang menarik, menjelang pelantikan anggota baru.

DPRD Rembang melangsungkan sidang paripurna, belum lama ini. Pembentukan fraksi menjadi sesuatu yang menarik, menjelang pelantikan anggota baru.

Rembang – Koalisi antar partai politik di gedung DPRD Rembang sudah terbentuk, meramaikan dinamika politik sebelum pelantikan anggota dewan yang baru, periode 2014 – 2019, pada hari Kamis 14 Agustus 2014.

Hal hal mengejutkan terjadi, selama proses pendekatan, penjajakan hingga kesepakatan antar pengurus partai dan legislator baru.

Partai Nasdem misalnya. Partai yang meraih 3 kursi dalam Pemilu Legislatif lalu itu, memilih bergabung dengan PDI Perjuangan yang menggondol 5 kursi. Bentuk koalisi sama persis seperti ditingkat pusat, ketika kali pertama mesra mengusung nama Capres Joko Widodo.

Ketua Dewan Pengurus Cabang Partai Nasdem Kab. Rembang, Sugeng Ibrahim menuturkan tidak hanya karena Nasdem dan PDI Perjuangan sudah cocok, tetapi juga mempertimbangkan peta politik nasional, sekaligus untuk ancang ancang dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rembang, tahun 2015 mendatang. Khusus kadernya yang menduduki kursi dewan, Sugeng Ibrahim sebatas berpesan agar jangan korupsi dan tidak ragu ragu mengkritisi kebijakan pemerintah.

Politisi Gerindra yang menjadi lagi anggota DPRD Rembang, Puji Santoso menuturkan partainya membentuk fraksi sendiri, karena mempunyai 5 kursi. Untuk membuat satu fraksi, minimal tersedia 4 kursi. Sempat muncul kabar Golkar akan bergabung, tapi batal. Meski sendiri, namun pihaknya tetap percaya diri, berkomitmen membawa legislatif kedepan lebih baik.

Sementara itu, sejumlah partai, masing masing Golkar, Hanura, PAN dan PKS memutuskan bersatu membentuk sebuah fraksi gabungan, dengan nama Fraksi Karya Harapan Sejahtera, mencakup singkatan dari 4 partai. Total ada 8 kursi.

Anggota DPRD dari Partai Golkar, Gatot Paeran menganggap fraksi gabungan tersebut cukup kuat. Apalagi didukung personel personel yang menurutnya berpengalaman.

Melihat perkembangan eskalasi politik hari Selasa (12/8), perkiraan terdapat 6 fraksi dalam susunan DPRD Rembang lima tahun kedepan. Diantaranya yakni Fraksi PPP, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi PKB, Fraksi PDI P, Fraksi Partai Gerindra dan Fraksi Gabungan Karya Harapan Sejahtera.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *