Flash News
No posts found

Luncurkan Tahap II, Program Jangka Panjang Untuk 4 Desa

Warga di desa Sambiyan Kec. Kaliori, antre bantuan air bersih dari mobil tangki.

Warga di desa Sambiyan Kec. Kaliori, antre bantuan air bersih dari mobil tangki.

Rembang – Pemerintah kabupaten Rembang siap menggelontorkan bantuan air bersih tahap ke II, yang akan berakhir pada tanggal 05 September mendatang. Untuk tahap ke II ini, disediakan sebanyak 54 tangki.

Kepala Seksi Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rembang, Ahmad “Ayub” Makruf menuturkan bantuan akan disalurkan kepada tiga desa yang telah mengajukan permohonan tertulis, yakni desa Sambiyan dan Sidomulyo di Kec. Kaliori, kemudian desa Jukung di Kec. Bulu, penerimanya masih sama seperti pengiriman bantuan air tahap pertama lalu.

Menurut rencana, desa Sambiyan memperoleh 18 tangki, Sidomulyo 20 tangki, sedangkan desa Jukung 16 tangki. Kalau nantinya ada surat masuk lagi dari desa lain, BPBD akan menyesuaikan.

Ahmad “Ayub” Makruf menambahkan pihaknya tak sekedar melakukan penanganan jangka pendek, tetapi juga merencanakan upaya jangka panjang.

Tahun ini, BPBD Rembang mengusulkan bantuan sebesar Rp 1 miliar lebih, kepada BPBD provinsi Jawa Tengah, yang diteruskan ke tingkat pusat. Kalau cair, tahun ini akan digunakan untuk mengurangi dampak kekeringan di empat desa, meliputi desa Jukung Kec. Bulu, desa Pelemsari Kec. Sumber, desa Sidomulyo Kec. Kaliori dan desa Tahunan Kec. Sale.

Ia mencontohkan desa Jukung, selama ini masyarakatnya kesulitan air, karena sumber air sangat susah. Kedepan akan mengambil sumber dari kawasan Bulu Mantingan, selanjutnya disalurkan menuju Jukung. Pengeboran dan pemasangan pipa, ditaksir menghabiskan dana Rp 250 juta.

Berdasarkan ramalan BMKG, musim kemarau akan berakhir paling lambat awal bulan Desember mendatang. Banyaknya embung terbukti membantu meringankan beban masyarakat. Tapi jika usulan proyek disetujui pemerintah, tahun depan BPBD bisa fokus memberikan perhatian terhadap desa lain yang menjadi langganan bencana kekeringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *