Flash News
No posts found

Hobi “Jajan”, Banyak Ibu Meregang Nyawa

Pria ini mendekati pekerja seks komersial di bekas lokalisasi Kaliuntu Rembang, baru baru ini. Gara gara suami suka “jajan” tanpa kondom, penyebaran virus HIV merajalela.

Pria ini mendekati pekerja seks komersial di bekas lokalisasi Kaliuntu Rembang, baru baru ini. Gara gara suami suka “jajan” tanpa kondom, penyebaran virus HIV merajalela.

Rembang – Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang mengambil sample darah dan memeriksa kesehatan, puluhan orang pemandu karaoke (PK) di dalam lokasi kafe.

Kepala Seksi Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang, John Budi menjelaskan upaya tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus HIV/Aids, karena kafe karaoke dianggap kawasan yang rawan. Nantinya sample darah PK akan diuji laboratorium. Begitu terdeteksi virus HIV, maka Dinas Kesehatan Kabupaten siap melakukan pendekatan persuasif. Alangkah baiknya, mereka tidak bekerja lagi, sehingga kemungkinan penularan bisa dikurangi.

Selain kafe, petugas juga menggelar kegiatan serupa di kawasan bekas lokalisasi Kaliuntu. Menurutnya, penularan virus mematikan tersebut melalui hubungan seks dan penggunaan jarum suntik Narkoba bergantian. Rata rata mereka sudah paham, tinggal konsisten mengantisipasi.

Justru yang perlu mewaspdai adalah ibu rumah tangga. Berdasarkan data sejak tahun 2004 lalu, dari 181 kasus HIV, 90 orang meninggal dunia. Penderita paling banyak berprofesi sebagai ibu rumah tangga, karena tertular oleh suaminya yang tidak disangka, ternyata sering bergonta ganti pasangan sex alias hobi “jajan” di luar rumah. Kec. Sale, Sarang dan Kragan menduduki peringkat teratas. Kebanyakan sang suami, bekerja menjadi sopir dan nelayan.

Seorang pemandu karaoke di Rembang, Yeti (bukan nama sebenarnya) mengaku baru kali pertama ini menjalani pengambilan sampel darah. Ia senang, agar nantinya bisa memastikan terbebas dari virus HIV – Aids.

Yeti berharap kegiatan pemeriksaan ke kafe karaoke diadakan secara rutin, karena mobilitas keluar masuk pemandu karaoke cukup tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *