Flash News
No posts found

Rizqon : “Tahun Ini Lumayan Banyak…”

Pohon jati wilayah KPH Mantingan yang akan ditebang.

Pohon jati wilayah KPH Mantingan yang akan ditebang.

Rembang – Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mantingan tahun 2014 ini, menargetkan tebangan kayu sampai 10 ribu meter kubik. Paling banyak adalah jenis jati dan sono keling.

Wakil Administratur KPH Mantingan, M. Rizqon menuturkan penebangan berlangsung serentak di seluruh bagian kesatuan pemangkuan hutan. Hal itu sudah direncanakan rutin sejak dua tahun lalu. Pohon yang ditebang, harus berumur 40 – 50 tahun lebih. Targetnya akan selesai pada akhir bulan September mendatang. Ia berharap upaya penebangan, bisa mengurangi potensi pencurian, terutama di wilayah rawan, seperti BKPH Kalinanas.

M. Rizqon membenarkan target penebangan kali ini lumayan besar. Tidak hanya negara yang menikmati, tentu ada pula hak lembaga masyarakat desa hutan (LMDH). Hasil tebang musti dihitung dulu, kemudian dana bagi hasil LMDH dibagikan paling lambat pertengahan tahun 2015. Menurutnya pemberdayaan LMDH menjadi salah satu cara, untuk menjaga hutan dari ancaman pelaku pencuri.

Seorang anggota lembaga masyarakat desa hutan (LMDH) Pasucen Kec. Gunem, Suntoro mengungkapkan pihaknya masih aktif berpartisipasi, ikut memantau hutan di sekitar kampungnya.

Ia menyadari kalau tidak ada pohon yang hilang, desapun akan mendapatkan manfaat. Kelak begitu menerima dana bagi hasil dari Perhutani, rencananya digunakan untuk operasional LMDH dan kegiatan ekonomi produktif masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *