Flash News
No posts found

Kajar Bertahan, Camat Ingatkan Penebangan Pohon

Sebuah mobil masuk desa kajar Kec. Lasem akan mengambil air, Sabtu pagi.

Sebuah mobil masuk desa kajar Kec. Lasem akan mengambil air, Sabtu pagi.

Lasem – Dikala sejumlah desa mengalami kesulitan air bersih, karena bencana kekeringan, ada sebuah sumber air di Kab. Rembang yang tidak pernah habis, selama puluhan tahun terakhir.

Salah satunya adalah sumber air Kajar di kawasan pegunungan desa Kajar Kec. Lasem. Lokasi tersebut sudah tenar menjadi andalan masyarakat. Bahkan diambil pula oleh puluhan kendaraan bak terbuka, untuk kebutuhan rumah tangga maupun diperjualbelikan.

Didik Wahyu misalnya. Warga desa Ketanggi Kec. Rembang Kota ini rutin mengambil air dari desa Kajar. Ia membawa mobil sendiri, kemudian air dimanfaatkan oleh sesama pekerja Toko Adi Jaya, Jl Kartini Rembang. Menurutnya lebih hemat, daripada harus membeli melalui penjual air kajar keliling.

Di sepanjang jalan masuk desa Kajar, mulai balai desa ke timur, terdapat sejumlah titik yang menjual air. Rata rata dikelola warga, dengan memathok tarif hampir sama, tergantung besar kecil muatan.

Pelaksana Tugas Camat Lasem, Kukuh Purwasana berharap masyarakat serius memperhatikan kondisi lingkungan. Pohon pohon besar di sekitar sumber air, sebisa mungkin jangan ditebang. Tapi sebaliknya, penghijauan harus ditambah. Banyak pihak luar peduli menyumbang pohon untuk kelestarian lingkungan di Lasem. Sudah selayaknya masyarakat ikut mengimbangi.

Kukuh Purwasana menambahkan satu sisi, sumber air Kajar begitu melimpah. Disisi lain, sejumlah desa, khususnya Kec. Lasem rawan dilanda kesulitan air bersih. Untuk jangka panjang, pihaknya tengah memikirkan bagaimana supaya masalah tersebut bisa diatasi dengan suplai air Kajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *