Flash News
No posts found

Jangan Hanya Sama, Dituntut Punya Spesialisasi

Siswa SMKN I Rembang keluar ruangan, usai kegiatan praktek, baru baru ini.

Siswa SMKN I Rembang keluar ruangan, usai kegiatan praktek, baru baru ini.

Rembang – Pemerintah kabupaten Rembang menghendaki supaya setiap kecamatan, memiliki sebuah sekolah menengah kejuruan (SMK).

Pelaksana Tugas Bupati Rembang, Abdul Hafidz menjelaskan keberadaan SMK cukup penting membekali ketrampilan generasi muda. Selain itu, SMK juga terbukti semakin membuka peluang kerja bagi para lulusannya. Tidak hanya untuk mengisi lowongan dalam negeri, bahkan banyak pula yang menembus sampai luar negeri, seperti dunia pelayaran dan ikut magang di Jepang.

Abdul Hafidz menambahkan kalau satu kecamatan dilengkapi satu SMK, akan mempermudah lulusan sekolah menengah pertama atau sederajat, tidak perlu jauh jauh ke kota Rembang. Meski demikian, tetap perlu ada pengaturan, sehingga persaingan antar sekolah, berjalan secara sehat. Ia memperinci di desa Logung Kec. Sumber, terdapat SMK Negeri yang bisa mengcover siswa dari Kec. Sumber, Kaliori, Sulang dan Kec. Jaken Kab. Pati. Kemudian SMKN Gunem, diharapkan menampung siswa dari Kec. Gunem dan Bulu. Begitu pula SMKN Sedan, diandalkan oleh siswa di Kec. Sedan, Pamotan dan Kragan. Menyusul SMKN Sale, serta SMK swasta di Kec. Lasem dan Pamotan memperkuat sektor pendidikan kejuruan di kabupaten Rembang. Total ada 17 SMK.

Seorang pengajar SMK Avicena desa Ngemplak Kec. Lasem, Ahmad Sovi Husnan mengakui persaingan antar SMK, belakangan semakin ketat. Tapi ia optimis sekolahnya bisa eksis, karena memiliki spesialisasi khusus, membuka jurusan Farmasi dan Keperawatan. Kelengkapan sarana pra sarananya juga terbilang lengkap. Saat lulus, siswa dipersilahkan memilih apakah melanjutkan atau bekerja. Kebetulan pihaknya menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi dan sejumlah perusahaan dibidang farmasi.

Ahmad Sofi Husnan menambahkan dukungan masyarakat cukup tinggi. Sejak tiga tahun berdiri, SMK Avicena mempunyai 300 orang siswa. Menurut rencana akan meluluskan alumni kali pertama pada tahun 2014 ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *