Flash News
No posts found

Di Desa Ini Harga Pasir Melambung 100 %, Tekad Warga Diuji

Sukardi, Kades Ngargomulyo. (Gambar atas) warga desa Ngargomulyo mengandalkan hasil buah buahan, untuk menopang ekonomi keluarga.

Sukardi, Kades Ngargomulyo. (Gambar atas) warga desa Ngargomulyo mengandalkan hasil buah buahan, untuk menopang ekonomi keluarga.

Lasem – Di desa ini, harga pasir bisa naik berlipat lipat, karena kondisi geografisnya berada di puncak pegunungan, dengan akses jalan masuk cukup curam dan berkelok kelok.

Jika normalnya pasir satu rit truk Rp 600 – 700 ribu, tapi langsung melambung tinggi hingga Rp 1,2 juta atau bahkan lebih.

Yah..begitulah secuil cerita yang dialami masyarakat desa Ngargomulyo Kec. Lasem, sebuah perkampungan paling atas di pegunungan Lasem.

Kepala Desa Ngargomulyo, Sukardi menceritakan sebenarnya harga tersebut sama. Tapi lantaran akses transportasi sangat sulit, harga seperti itupun menjadi sebanding. Warga menyadari, sehingga tetap bertekad mendatangkan pasir, semisal ingin memperbaiki rumah. Bagaimanapun pembangunan musti harus berjalan. Kenyataanya, sekarang jalan dari desa Kajar sampai dengan Ngargomulyo sudah rabat beton.

Sukardi menambahkan selain terpencil, kampungnya juga termasuk desa terkecil di kabupaten Rembang, dengan hanya 86 kepala keluarga. Ia membenarkan sejak dulu terdengar cerita turun temurun, bahwa di Ngargomulyo tidak akan mempunyai 100 KK lebih. Tiap kali bertambah, selalu saja ada warga yang pindah ke luar desa.

Meski demikian, keberadaan desa kecil seperti Ngargomulyo tetap memiliki sisi positif. Tiap kali menggelar musyawarah, warga bisa datang semua. Beda dengan desa besar, yang hanya diwakili pengurus RT. Begitu pula ketika kerja bhakti, mereka luar biasa kompak.

Sukardi menganggap lokasi terpencil jangan menjadi alasan, untuk tidak bergerak. Fokusnya adalah infrastruktur jalan, harus tertata baik. Kedepan ekonomi masyarakat diharapkan semakin meningkat, melalui optimalisasi sektor perkebunan dan hasil buah buahan. Apalagi dalam waktu dekat juga ada kucuran dana besar lewat Undang Undang Desa, semoga mampu membuat Ngargomulyo lebih maju.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *