Flash News
No posts found

Calon Haji Didominasi Petani, IPHI Punya Alasan

Seorang jemaah calon haji di Kec. Kaliori, mengambil koper dari kantor urusan agama (KUA), baru baru ini.

Seorang jemaah calon haji di Kec. Kaliori, mengambil koper dari kantor urusan agama (KUA), baru baru ini.

Rembang – Mayoritas jemaah calon haji dari kabupaten Rembang yang berangkat tahun 2014 ini, adalah kalangan petani dan wiraswastawan.

Dari 627 orang jemaah calon haji, separuh lebih berprofesi sebagai petani dan wiraswastawan. Setelah itu disusul PNS dan pegawai swasta. Di kecamatan Kaliori misalnya, terdapat 48 orang yang akan pergi berhaji, paling banyak merupakan petani.

Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kec. Kaliori, Sutarko menuturkan petani biasanya telaten menabung, mengumpulkan uang sedikit demi sedikit. Pihaknya sangat mengapresiasi cara tersebut, seraya mendoakan menjadi haji mabrur dan mabrurah.

Sedangkan dari unsur PNS, tercatat 102 orang. Namun yang mengajukan cuti hanya 69 orang, karena kemungkinan sisanya tidak bekerja dilingkup pemerintah kabupaten Rembang.

Salah satu pejabat Pemkab Rembang yang menunaikan ibadah haji yakni Sunarto, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olahraga. Ia mengaku mendapatkan cuti selama 40 hari. Sedangkan tugas tugasnya sebagai kepala dinas, sementara digantikan oleh Pelaksana Harian, Karsono yang selama ini menjabat Kepala Bidang Kebudayaan. Sunarto berpesan kepada anak buahnya tetap kerja sebaik mungkin, mendukung Pelaksana Harian dalam menjalankan tugas pokok fungsi Dinbudparpora.

Sementara itu Kepala Seksi Penyelenggara Haji Dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kab. Rembang, Solehudin menjelaskan jemaah calon haji tidak mengenakan seragam khusus, agar mudah menjadi penanda, terutama saat terpisah dari rombongan. Tapi seragam menyesuaikan dengan jatah dari pihak bank. Selama jemaah tertib, mau mematuhi arahan ketua regu dan ketua rombongan, tetap akan mudah dipantau.

Sesuai jadwal, jemaah calon haji kabupaten Rembang berangkat ke tanah suci dua gelombang. Yang pertama, Sabtu pukul 01 dini hari, sebanyak 258 jemaah, sedangkan 369 jemaah giliran pada hari Sabtu pukul 11.00 wib, terakhir 47 jemaah berangkat Sabtu malam. Pengecekan terakhir Kementerian Agama Kab. Rembang, kondisi semua jemaah sehat dan tidak ada yang perlu mendapatkan penanganan khusus.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *