Flash News
No posts found

Izin Kuliah, Tak Menyangka Jadi Yang Termuda

Muhammad Ilham Nurhendi, jemaah calon haji termuda.

Muhammad Ilham Nurhendi, jemaah calon haji termuda.

Rembang – Jemaah ini menjadi jemaah calon haji termuda dari kabupaten Rembang. Usianya baru 22 tahun, tapi sudah beruntung bisa menunaikan rukun Islam ke lima.

Yah..pemuda itu adalah Muhammad Ilham Nurhendi, warga asli Kelurahan Magersari Rembang, tapi sehari hari tinggal di Perumahan dekat MAN Rembang. Ia berangkat ke tanah suci, setelah diajak turut serta oleh ayahnya, yang merupakan seorang pengusaha sukses, Masrokah.

Ilham Nurhendi mengaku masih kuliah di Universitas Tekhnologi Yogjakarta. Karena kampusnya tidak membolehkan cuti sementara, maka harus mengajukan izin biasa. Ilham sama sekali tidak menyangka akan menjadi jemaah calon haji termuda se kabupaten Rembang pada musim haji tahun 2014 ini. Menurutnya tak ada persiapan khusus, hanya sebelum berangkat, fokus menjaga fisik dengan rutin berolahraga.

Sedangkan untuk jemaah calon haji tertua yakni Soewardjo, 85 tahun, warga Tawangsari Kelurahan Leteh Rembang.

Soewardjo menganggap usia bukanlah faktor halangan, karena yang paling utama adalah niat. Ia sebatas memperbanyak doa di sepanjang perjalanan, berharap mendapatkan kelancaran. Semua diserahkan kepada Yang Maha Kuasa.

Karena kondisi jemaah hampir separuh berusia lanjut itulah, aparat kepolisian yang mengawal rombongan bus jemaah memilih jalur Rembang – Blora – Purwodadi – Gemolong – sampai ke asrama haji Donohudan Boyolali.

Kaur Binops Satuan Lalu Lintas Polres Rembang, Iptu Haryanto menjelaskan kalau lewat jalur Rembang – Pati – Purwodadi, terlalu banyak tanjakan dan tikungan tajam, sehingga rawan kecelakaan maupun mabuk perjalanan.

Jumlah jemaah calon haji Kab. Rembang tahun ini mencapai 674 orang. Paling banyak dari Kec. Sedan 116 jemaah, sedangkan paling sedikit diduduki Kec. Gunem, hanya 6 orang. Kalau warga mendaftarkan diri hari ini, perkiraan mereka baru bisa berangkat pada tahun 2028 mendatang atau menunggu 14 tahun lamanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *