Flash News
No posts found

Dari Belanda, Tertarik Wanita Pomahan

Mahasiswa Belanda melintasi jalan Rembang – Blora, saat akan menuju desa Pomahan Kec. Sulang, Senin siang.

Mahasiswa Belanda melintasi jalan Rembang – Blora, saat akan menuju desa Pomahan Kec. Sulang, Senin siang.

Sulang – Desa Pomahan Kec. Sulang, hari Senin (15 September 2014) kedatangan tamu 4 orang mahasiswa dari Universitas Amsterdam Belanda.

Keempatnya yakni Monique, Carlyn, Sophie dan Lidewij, selama ini aktif mengkampanyekan hak hak perempuan. Mereka semula mengendarai sepeda dari Jakarta, kemudian menuju ke sejumlah daerah, termasuk kabupaten Rembang. Saat tiba, Plan Indonesia Program Unit Rembang mengarahkan berkunjung ke sejumlah lokasi usaha pemberdayaan masyarakat. Diantaranya pengembangan jamur tiram desa Pomahan Kec. Sulang dan pembuatan sapu di desa Gandrirojo Kec. Sedan. Kedua jenis usaha itu, bertujuan untuk meningkatkan ekonomi warga, terutama kaum perempuan.

Lukas Kristian Widya Nugraha, Manajer proyek pemberdayaan ekonomi kawula muda, yang ikut mendampingi mahasiswa Belanda mengatakan kegiatan di desa Pomahan dan Gandrirojo menyerap sekira 25 orang pekerja, rata rata adalah kaum perempuan.

Lukas menambahkan setelah melihat proses pembuatan jamur, sekaligus menikmati makanan olahan berbahan jamur, mahasiswa Belanda mengapresiasi kerja keras warga desa Pomahan. Meski belakangan muncul kendala produksi dan pemasaran, namun mereka tetap bertahan.

Usai dari Rembang, hari Rabu besok mahasiswa Belanda tersebut melanjutkan perjalanan menuju Surabaya dan Bali. Setelah itu baru pulang ke Belanda.

Menurut rencana bulan Oktober mendatang, sekira 10 orang mahasiswa Belanda juga akan datang ke Rembang. Secara khusus ingin mendalami seni dan budaya warga kabupaten Rembang.

1 Komentar

  1. manikan

    Paln iki gaweane sesansi thok!! jelas perempuan gawe jamur iku biasa. mestinyaperempuan yang berjuang untuk masa depan keselamatan lingkungan di tenda lapak itu yang luar biasa. bok kalo bikin acara yang mutu sitik!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *