Flash News
No posts found

Ring Satu Terima Modal, Diwanti Wanti Jangan Nunggak

Pasangan suami isteri penerima pinjaman modal dari PT Semen Indonesia, menandatangani berkas di balai desa Tegaldowo, Kamis siang.

Pasangan suami isteri penerima pinjaman modal dari PT Semen Indonesia, menandatangani berkas di balai desa Tegaldowo, Kamis siang.

Gunem – PT Semen Indonesia menggelontorkan dana pinjaman modal kepada 60 an usaha kecil dan menengah di desa desa Kec. Gunem dan Bulu, yang masuk ring satu sekitar pabrik semen PT Semen Indonesia. Nilainya mencapai Rp 611 juta.

Kepala Biro Bina Lingkungan PT Semen Indonesia, Slamet Mursidiarso menjelaskan sebelumnya dana semacam itu telah dikucurkan kepada usaha kecil menengah lain. Total di kabupaten Rembang, jumlah penerima sebanyak 107 usaha, dengan pinjaman modal sebesar Rp 2,14 miliar.

Ia memastikan kalau pabrik semen beroperasi tahun 2016 mendatang, pinjaman modal untuk pengembangan usaha masyarakat akan semakin bertambah. PT Semen Indonesia selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN), ingin warga sekitar pabrik juga maju bersama sama.
Slamet menambahkan banyak peluang kerja, ketika pabrik mulai memproduksi semen, seperti usaha kos kosan, laundry pakaian, warung dan pertokoan. Diharapkan pinjaman tersebut bisa membuat pemilik usaha lebih berdaya. Tapi pihaknya mengingatkan jangan sampai menunggak, agar kelak bisa terus bergulir.

Sementara itu Suratman, seorang warga desa Kadiwono Kec. Bulu, mengaku akan meminjam modal sebesar Rp 3 juta, untuk memperkuat usaha menanam tebu, seperti membeli bibit dan pupuk.

Ia ingin coba coba dulu, karena tidak perlu menyodorkan jaminan dan bunganya juga lebih ringan, dibandingkan bunga bank. Kalau ternyata lancar, pasti siap meminjam dalam jumlah agak besar.

Penandatanganan pencairan pinjaman modal usaha kecil dan menengah ini, berlangsung di Balai Desa Tegaldowo Kec. Gunem, hari Kamis (25 September 2014). Camat Bulu, Suswantoro yang turut hadir, berharap program pinjaman modal bisa berkelanjutan.

Apalagi sejak membuka pabrik di Gresik dan Tuban Jawa Timur, pabrik semen plat merah itu cukup serius membina usaha kecil menengah. Jumlahnya mencapai 12 ribuan mitra binaan, terdiri dari perdagangan, kuliner, agribisnis dan industri kreatif. Tidak hanya diberi pinjaman lunak, tetapi pelaku usaha juga memperoleh pendampingan dan pelatihan. Bahkan salah satu binaan PT Semen Indonesia, yakni batik gedog “Sekar Ayu” Tuban, pada tahun 2010 lalu mendapatkan penghargaan dari Presiden SBY.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *