Flash News
No posts found

Marak Penipuan Berkedok Meteran Listrik, Modusnya?

Meteran listrik.

Meteran listrik.

Sedan – Bagi anda yang akan memasang jaringan listrik, waspadalah, karena belakangan ini aksi penipuan semakin marak di pelosok pedesaan. Pelaku mengaku pegawai PLN, menginformasikan meteran listrik akan segera dipasang, tetapi meminta imbalan uang.

Di dusun Macan Ireng desa Dadapan Kec. Sedan, seorang warga merogoh kocek Rp 1,2 juta, diserahkan cuma cuma kepada penipu. Kemudian warga desa Labuhan Kidul Kec. Sluke, keluar uang Rp 300 ribu. Peristiwa terbaru pada Jumat pagi (26 September 2014), Siswadi, warga desa Ngroto Kec. Pancur kedatangan seorang pria mengaku dari PLN. Pria itu meminta uang muka Rp 500 ribu, dengan alasan meteran listrik besok dipasang. Kebetulan Siswadi berniat pasang listrik daya 450 watt, melalui jasa Sunardi, asal desa Kumbo Kec. Sedan.

Siswadi sendiri merasa heran kenapa tiba tiba ada “petugas PLN” datang. Sempat terlibat tawar menawar, ia akhirnya hanya memberikan uang Rp 100 ribu. Karena curiga, Siswadi buru buru kroscek menelfon jasa pemasang, Sunardi. Begitu sadar telah tertipu, langsung berupaya mengejar pelaku, namun sayang sudah kehilangan jejak.

Sunardi, selaku penyedia jasa pemasang instalasi listrik mengatakan aksi seperti itu cukup meresahkan. Sejak awal mewanti wanti para pelanggannya waspada, karena meteran daya 450 watt rata rata baru turun sekira 5 – 6 bulan. Tapi ternyata pelaku lebih lihai mengeluarkan rayuan manis, untuk mengelabui korban. Yang membuatnya tidak habis pikir, pelaku tahu nama dan alamat pendaftar jaringan listrik.

Manajer PLN Rayon Rembang, Jarmuji meyakini pelaku bukan berasal dari pegawai PLN Rembang. Menurutnya siapa saja bisa melihat data identitas pendaftar instalasi listrik melalui website PLN. Maka dengan kejadian semacam itu, pihaknya menghimbau masyarakat jangan mudah percaya, apabila ada tamu mengaku petugas PLN.

Jarmuji menambahkan di kabupaten Rembang, sampai hari Jumat (26/9) terdapat 1.400 daftar tunggu yang akan memasang jaringan listrik. Terdiri dari sektor rumah tangga, perkantoran maupun industri.

Untuk menyambut datangnya Hari Listrik Nasional ke 69 tanggal 27 Oktober 2014, ia berjanji siap menyelesaikan seluruh pemasangan sebelum Hari Listrik Nasional. Saat ini PLN Rembang masih menunggu meteran listrik tiba.

1 Komentar

  1. singo edan

    aslkm Bpk.Meneger PLN REMBANG yang saya hormati. Saya mau tanya seupama bikin noreg sendiri trus dibyar dikantor pos tp gk punya CV apakah meteran bisa kepasang & nyala? Trimksh

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *