Flash News
No posts found

Giliran Gunung Brejang, Lokasi Sulit Terjangkau

Kebakaran kawasan hutan meluas di sejumlah lokasi.

Kebakaran kawasan hutan meluas di sejumlah lokasi.

Sedan – Lahan Perhutani di kawasan Gunung Brejang sebelah barat desa Lemah Putih Kec. Sedan terbakar.

Api kali pertama diketahui pada Jumat sore, kemudian semakin membesar hingga pukul 22.00 WIB.

Karwadi, seorang pekerja kandang ayam di dekat lokasi kebakaran menduga ada warga yang sengaja membakar lahan, untuk membersihkan semak belukar kering. Tapi tiupan angin kencang, membuat si jago merah meluas. Lokasi kebakaran sulit terjangkau, berada di lereng lereng perbukitan terjal. Tapi kobaran api, terlihat dari jalan raya. Warga sekitar hanya membiarkan saja, karena jauh dari permukiman penduduk. Beruntung, tidak sampai tengah malam, api sudah mati.

Seorang pengurus Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di Kec. Sedan, Zuber Utsman mengakui potensi kebakaran hutan pada musim kemarau kian meningkat.

Kalau hanya membakar semak dan daun kering, tidak masalah. Tapi yang mengkhawatirkan, api bisa menghanguskan tanaman buah buahan, seperti durian, kelengkeng, matoa dan nangka. Padahal tanaman seperti itu menjadi sumber pendapatan masyarakat.

Zuber Utsman menambahkan kebakaran areal hutan, tidak hanya terjadi di sekitar Lemah Putih saja. Tahun lalu, kawasan sekitar Kumbo dan Dadapan juga pernah mengalami kebakaran.

Kala itu, pasca kebakaran warga berupaya menanami lahan dengan tanaman baru. Diharapkan tidak sampai terulang kembali, apalagi masih banyak pohon usia muda.

Humas Perhutani KPH Kebonharjo, Wiyoso mengaku pihaknya sudah berulang kali meminta LMDH berperan aktif ikut memantau hutan. Begitu memergoki api membesar, bisa menghubungi Polhut atau Polter terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *