Flash News
No posts found

Gandeng Kemenag, Agar Sesuai Syariah

Petugas dari Dinas Pertanian Dan Kehutanan Kab. Rembang, memantau kesehatan ternak di pasar hewan Pamotan, belum lama ini.

Petugas dari Dinas Pertanian Dan Kehutanan Kab. Rembang, memantau kesehatan ternak di pasar hewan Pamotan, belum lama ini.

Rembang – Dinas Pertanian Dan Kehutanan Kab. Rembang meningkatkan pemeriksaan hewan ternak yang akan disembelih untuk perayaan Idul Qurban, 05 Oktober mendatang.

Dokter hewan di Dinas Pertanian Dan Kehutanan Kab. Rembang, Idham Rahmadi menjelaskan seminggu sebelum pemotongan merupakan waktu yang tepat, guna mengecek kesehatan hewan ternak.
Selama ini penyakit seperti cacing hati dan cacing usus sering dialami ternak sapi. Kalau menjumpai hal itu, pihaknya meminta sebaiknya ternak jangan disembelih. Apalagi sudah mengidap penyakit parah. Ternak wajib diganti, agar tidak mengganggu kesehatan warga yang mengkonsumsi daging qurban.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Dan Kehutanan, Agus Iwan Haswanto menjelaskan pihaknya berencana mengintensifkan pemantauan tiga hari sebelum hingga tiga hari sesudah Idul Adha. Pasalnya tidak semua melangsungkan penyembelihan hanya seusai sholat I’ed.

Tahun ini Distanhut bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kab. Rembang, sekaligus memberikan sosialisasi tentang kriteria ternak dan tata cara penyembelihan yang benar sesuai syariah Islam.

Agus Iwan menambahkan belakangan ini stok ternak sapi jantan di kabupaten Rembang masih kurang, sehingga tetap membutuhkan pasokan daerah lain, seperti Pati, Blora bahkan beberapa wilayah dari Jawa Timur. Berbeda dengan tahun lalu, persediaan hewan ternak qurban cukup melimpah.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *