Flash News
No posts found

Pria Ber KB Dirangsang Uang, Nominalnya?

Puluhan wanita di Kec. Gunem antre mendapatkan pelayanan KB. Selama ini masalah KB cenderung dibebankan kepada kaum perempuan.

Puluhan wanita di Kec. Gunem antre mendapatkan pelayanan KB. Selama ini masalah KB cenderung dibebankan kepada kaum perempuan.

Rembang – Untuk merangsang pria mau berkeluarga berencana (KB), Pemerintah Kabupaten Rembang mengiming imingi dengan uang kompensasi.

Kepala Bidang KB Badan Pemberdayaan Masyarakat Dan Keluarga Berencana Kab. Rembang, Priyadi menjelaskan KB pria menggunakan metode operasi pria (MOP) atau biasa disebut vasektomi, yakni tindakan pengikatan dan pemotongan saluran sperma.
Khusus calon akseptor ini, dua hari sebelum operasi, diwajibkan berhenti bekerja dan memperbanyak istirahat. Maka pihaknya memberikan uang pengganti sebesar Rp 150 ribu, sedangkan bagi kader yang melakukan pendampingan diberi Rp 50 ribu. Uang tersebut langsung diserahkan tunai kepada penerima.

Meski demikian, akseptor KB metode operasi pria, hingga bulan September 2014, baru mendapatkan 12 orang peserta. Syarat utamanya adalah kemantapan hati, tidak ingin menambah anak. Dibandingkan tahun 2013 yang hanya 5 peserta, memang terjadi kenaikan. Tapi menurutnya peserta MOP di kabupaten Rembang, masih rendah.

Penyebabnya, banyak kaum pria menganggap KB adalah urusan perempuan. Selain itu muncul hambatan tekhnis, petugas medis yang khusus menangani MOP di kabupaten Rembang, tengah sakit. Tiap ada peserta, harus dibawa ke Semarang.

Priyadi menambahkan sedangkan KB media operasi wanita (MOW) menurut rencana BPMKB Kab. Rembang, mendapatkan dana alokasi khusus dari tingkat pusat, untuk pengadaan mobil. Calon peserta bisa dijemput menuju rumah sakit, sekaligus diantarkan pulang. Selama ini masih menyewa mobil, tentu dengan adanya bantuan mobil operasional, akan lebih memperlancar pelayanan.

Sampai saat ini, di kabupaten Rembang, dari 135 ribu pasangan usia subur, 110 ribu diantaranya merupakan peserta KB aktif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *