Flash News
No posts found

“Tebang Saja, Menghamburkan Uang…”

Petugas PLN Rembang melakukan rabas rabas pohon palem, belum lama ini.

Petugas PLN Rembang melakukan rabas rabas pohon palem, belum lama ini.

Rembang – Sejumlah warga mendesak supaya pohon palem yang berada di sepanjang Jl Kartini, antara Bundaran Pasar sampai dengan Perempatan Jaeni Rembang, ditebang saja. Selama ini, tiap kali mulai meninggi, dipotong oleh petugas PLN, karena menempel pada kabel dan mengakibatkan seringnya listrik padam. Akibatnya keberadaan pohon tersebut, sama sekali tidak memberikan keteduhan, terutama bagi pemakai jalan.

Gunawan Wijaya, seorang warga di pinggir Jalan Kartini menuturkan daripada tidak berfungsi, lebih baik pohon ditebang, kemudian diganti pohon jenis lain. Menurutnya, penanaman palem Jl Kartini tidak melalui perencanaan matang, sehingga menghambur hamburkan keuangan daerah.

Belakangan cuaca dalam kota Rembang semakin panas. Diperparah ramainya kendaraan besar melintasi Jl Kartini, membuat kualitas udara terus menurun. Dalam jangka panjang, ia khawatir berdampak buruk terhadap kesehatan masyarakat.

Kepala Bidang Tata Ruang Dan Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Rembang, Hendro Riyadi menjelaskan pada tahun 2014 mengusulkan dana penggantian pohon palem di JL Kartini, namun ketika rapat pembahasan di gedung DPRD, dicoret. Tahun 2015 akan diusulkan kembali.

Pihaknya berencana mengganti palem dengan dua jenis tanaman, yakni bintaro dan sepatu dea. Alasannya, daun lebat dan akar tidak terlalu merusak trotoar. Kalau disetujui, pohon yang baru ditanam dulu. Begitu sudah mulai tumbuh, setelah itu palem ditebang.

Hendro Riyadi menambahkan sementara palem dibiarkan dulu, sambil menunggu kesiapan anggaran.

Setidaknya, khusus pengadaan tanaman, butuh biaya sekira Rp 100 juta. Kemudian ditambah alokasi dana untuk penanaman dan perawatan.

1 Komentar

  1. info dapodik

    Hi there, You have carried out a fantastic job. I will definitely digg that as well as for this part propose for you to my buddies. I know they shall be took advantage of this excellent website.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *