Flash News
No posts found

Waspada, Dua Kecamatan Diramalkan Lebih Cepat

Mendung pekat menyelimuti kawasan kota Rembang, Senin sore.

Mendung pekat menyelimuti kawasan kota Rembang, Senin sore.

Rembang – Dua kecamatan di bagian selatan, yakni Kec. Bulu dan Gunem akan memasuki musim penghujan lebih cepat, dibandingkan 12 kecamatan lain.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rembang, Suharso menjelaskan dari hasil koordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) Semarang, kedua kecamatan tersebut diramalkan memasuki musim penghujan pada akhir bulan Oktober ini.

Sedangkan untuk kecamatan lain, terutama di sepanjang jalur Pantura, ramalan BMKG menyebutkan musim penghujan baru terjadi pada bulan November mendatang.

Suharso menambahkan pergantian musim biasanya rawan dibarengi peristiwa bencana angin puting beliung, karena perubahan suhu udara yang esktrem.
Maka pihaknya menghimbau masyarakat, terutama desa dengan kondisi geografis terbuka, lebih waspada.

Menurut Suharso, dua malam terakhir hujan sporadis mulai turun di sejumlah kecamatan.

Memang hujan pada malam hari, tidak bisa menjadi pathokan utama, musim penghujan akan segera tiba. Tapi perlu menunggu perkembangan cuaca, selama rentang waktu sebulan kedepan. Masalah prakiraan cuaca ini penting, karena menjadi dasar mulainya petani bercocok tanam padi dan penghentian produksi garam bagi petambak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *