Flash News
No posts found

Gali Kubur Dapat Uang Kuno, Tulisan Aneh

Suparno menunjukkan uang logam kuno. (gambar atas) detail uang kuno yang ditemukan warga desa Karangsekar Kec. Kaliori.

Suparno menunjukkan uang logam kuno. (gambar atas) detail uang kuno yang ditemukan warga desa Karangsekar Kec. Kaliori.

Kaliori – Berniat menggali kubur, warga desa Karangsekar Kec. Kaliori menemukan 8 keping uang logam kuno. Masing masing pecahan 1 sen, bentuk uang terdapat huruf aksara Jawa dan huruf Arab. Untuk masa tahun pembuatannya bervariasi, antara tahun 1857 sampai dengan 1898. Kini uang tersebut disimpan oleh Suparno, warga desa Karangsekar.

Suparno menceritakan semula masyarakat berniat menggali kuburan untuk jenazah kerabatnya, Masri di sebuah makam, belakang Masjid desa Karangsekar.

Pada kedalaman 1,5 meter, menemukan 8 keping uang logam kuno, posisinya tercecer, namun saling berdekatan. Uang bertuliskan Federlands Indie, sehingga diperkirakan peninggalan zaman Belanda.

Ia belum tahu apakah uang itu merupakan barang berharga. Tapi kalau memang ada kolektor barang antik bersedia membeli, Suparno siap melepasnya.

Menurutnya, lokasi temuan uang logam kuno, selama ini terkenal sebagai tempat bersejarah.

Di dekatnya, terdapat makam Syekh An Farhan. Dulu pernah ada warga Pekalongan datang ingin berziarah ke makam Syekh An Farhan. Warga kebingungan menjawab, karena tidak pernah tahu sebelumnya. Begitu warga Pekalongan tersebut menyambangi makam di belakang Masjid, barulah masyarakat menyadari. Bantuan dari sejumlah pihakpun berdatangan, untuk menata makam menjadi lebih baik.

Suparno memprediksi di dalam tanah masih cukup banyak, tersisa benda benda bernilai sejarah.

Namun tidak elok kalau harus menggali untuk mencari barang berharga, karena berdekatan dengan makam seorang ulama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *