Flash News
No posts found

Didesak Warga, PDAM Tunggu Kades Datang

Seorang warga desa Temperak Kec. Sarang mengisi bak kamar mandi, setelah membeli air dari penjual keliling.

Seorang warga desa Temperak Kec. Sarang mengisi bak kamar mandi, setelah membeli air dari penjual keliling.

Sarang – Masyarakat desa Temperak Kec. Sarang yang berada di perbatasan provinsi Jawa Tengah dengan Jawa Timur meminta supaya jalur pipa PDAM segera dipasang, untuk mengatasi masalah kekeringan.

Budaeri Djamil, seorang warga desa Temperak menuturkan pada musim kemarau seperti sekarang, sebagian besar sumur sudah mengering. Warga terpaksa membeli dari penjual air keliling, untuk kebutuhan mandi, mencuci dan minum. Dalam sehari, sebuah kepala keluarga mengeluarkan ongkos rata rata Rp 20 ribu. Menurutnya solusi terbaik dengan mendorong PDAM mempercepat pemasangan jalur pipa, sehingga warga bisa mendapatkan suplai air. Selain pasokan terjamin, pengeluaran juga lebih ringan.

Sejauh ini, jalur pipa baru sampai di desa Karangmangu, berjarak hampir 200 meter, sebelah barat desa Temperak.

Kepala Bagian Tekhnik PDAM Rembang, Suroso menanggapi pihaknya telah berancang ancang memasukkan distribusi air ke desa Temperak.

Kebetulan ada sebuah pabrik di sana, juga menunggu pasokan air PDAM. Jika hanya mengandalkan 65 KK dari desa Temperak yang mendaftarkan diri, belum sebanding dengan biaya investasi instalasi air.

Hari Senin (12/10), menurut rencana Kades Temperak datang ke kantor PDAM, menyelesaikan administrasi keuangan. Begitu beres, pihaknya siap memasang pipa. Tak akan membutuhkan waktu terlalu lama, air bisa digelontor ke desa tersebut.

Suroso menambahkan pelanggan PDAM di Kec. Sarang berjumlah 1.500 an. Kalau melihat ketersediaan bahan baku air di Embung Lodan Sarang, menurutnya peluang pelanggan baru, terbuka lebar. Khusus Kec. Sarang bisa ditambah 1.500 lagi. Termasuk Kec. Kragan dan Sedan, kalaupun pelanggan semakin banyak, pria warga desa Jadi Kec. Sumber ini menganggap masih sangat memungkinkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *