Flash News
No posts found

Berawal Dari Korban Calo, TKI Tenggelam

Ilustrasi nasib TKI.

Ilustrasi nasib TKI.

Sedan – Seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal dusun Pundong desa Sidomulyo Kec. Sedan, dikabarkan meninggal dunia, karena kapal yang ditumpangi tenggelam, saat berangkat dari Malaysia, akan pulang menuju Indonesia.

Korban yakni Mukhtarom, usia sekira 33 tahun. Sudah dua tahun ia bekerja sebagai penjahit di Negeri Jiran Malaysia. Menurut informasi, korban semula akan pulang melalui jalur resmi, tetapi menjadi korban calo, sehingga uang perbekalan menipis. Mukhtarom terpaksa pulang lewat jalur ilegal, supaya menghemat pengeluaran. Tapi naas, kapal yang ditumpangi tenggelam di tengah laut, Selasa (14/10) pukul 3 dini hari waktu setempat. Tiga jam kemudian, korban baru ditemukan. Sedikitnya ada 3 korban tewas, salah satunya diiduga Mukhtarom.

Kebetulan HP korban yang basah, bisa dikeringkan oleh pihak kepolisian Diraja Malaysia. Mereka kemudian mencoba menghubungi sejumlah nomor yang tersimpan di dalamnya, sehingga kabar duka itu bisa diterima oleh keluarga di Rembang.

Kakak ipar korban, Kholil Zuhdi menjelaskan jenazah dievakuasi ke sebuah rumah sakit di Johor Malaysia. Keluarga tengah berupaya untuk memastikan kebenaran informasi tersebut.

Zuhdi menambahkan kala itu korban baru dua bulan menikahi adiknya, Muktafidah dan langsung memutuskan merantau ke Malaysia, ingin mencari modal usaha. Tentu saja begitu mendengar kabar seperti itu, keluarga merasa sangat terpukul.

Sementara itu pihak kerabat di dusun Pundong desa Sidomulyo Kec. Sedan, membenarkan telah mendengar peristiwa kapal tenggelam. Tapi apakah benar, Mukhtarom ikut menjadi korban, mereka belum percaya sepenuhnya.

Khairuman, kakak korban mengaku meminta bantuan kepada sesama kenalan TKI yang bekerja di sana, untuk mengecek jenazah di rumah sakit Johor Malaysia. Kalau sudah pasti, baru nantinya mengambil langkah langkah tindak lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *