Flash News
No posts found

Full Sejarah, Datanglah!!!

Pengunjung mengamati seragam salah satu pahlawan yang dipajang dalam pameran kesejarahan di Balai Kartini Rembang, Kamis siang.

Pengunjung mengamati seragam salah satu pahlawan yang dipajang dalam pameran kesejarahan di Balai Kartini Rembang, Kamis siang.

Rembang – Banyak generasi muda yang sekarang ini melupakan sejarah. Padahal melalui sejarah, bisa mendorong semangat untuk maju dan mengembangkan inovasi.

Hal itu diungkapkan Pelaksana Tugas Bupati Rembang, Abdul Hafidz, saat membuka pameran kesejarahan di gedung Balai Kartini, timur kantor bupati, hari Kamis (16 Oktober 2014). Menurutnya anak anak muda bisa belajar dari perjuangan para pahlawan tempo dulu. Untuk merdeka, harus bertaruh nyawa. Kalau sekarang tinggal mengisi saja, justru digunakan berbuat negatif, tentu sangat disayangkan. Apalagi tantangan membangun bangsa kedepan semakin berat.

Pameran kesejarahan digelar oleh pemerintah provinsi Jawa Tengah, untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda. 13 museum di Jawa Tengah, Jakarta dan Kalimantan Selatan ikut berpartisipasi. Menurut rencana pameran baru ditutup hari Senin, tanggal 20 Oktober 2014.

Joko Wijanarko, Kepala Bidang Kesejarahan Dan Kepurbakalaan Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Jawa Tengah mengatakan pihaknya banyak menampilkan rekam jejak perjuangan pahlawan melawan penjajah.
Ia berharap ajang pameran bisa menjadi sarana pembelajaran siswa, sekaligus meningkatkan semangat patriotisme.

Begitu dibuka, pameran kesejarahan langsung diserbu ratusan siswa dari berbagai sekolah di kabupaten Rembang. Siti Hanifah, seorang siswi SMPN I Pamotan mengaku senang bisa melihat benda benda bersejarah. Menurutnya kegiatan serupa perlu ditambah, karena cocok pula untuk alternatif wisata di akhir pekan.

Dalam pameran tersebut, pengunjung bisa melihat peninggalan Pangeran Diponegoro, seragam TNI Panglima Besar Jendral Soedirman, naskah sumpah pemuda, perabot milik RA Kartini dan masih banyak lagi yang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *