Flash News
No posts found

Virus Ala Sumurpule, Semua Demi Si Miskin

Warga desa Sumurpule Kec. Kragan mendirikan rumah untuk Giyanto, baru baru ini.

Warga desa Sumurpule Kec. Kragan mendirikan rumah untuk Giyanto, baru baru ini.

Kragan – Warga desa Sumurpule Kec. Kragan bergotong royong membuatkan sebuah rumah, untuk keluarga miskin yang sempat hidup terkatung katung.

Rumah itu menempati lahan milik desa di dekat punden. Semula masyarakat merasa kasihan terhadap penderitaan Giyanto yang sudah memiliki dua anak, namun belum punya rumah sendiri dan berulang kali menumpang. Belakangan Giyanto tergusur dari lokasi yang ditumpangi, sehingga warga desa Sumurpule berinisiatif mendirikan “rumah” seadanya, menjadi peneduh bagi Giyanto sekeluarga.

Bambang Utomo, tokoh masyarakat desa Sumurpule Kec. Kragan menuturkan penduduk bahu membahu menyalurkan bahan bangunan. Dinding anyaman bambu hasil patungan, kemudian genteng atap bangunan juga hasil sumbangan, itupun genteng bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Warga rela tak bekerja sehari, mereka bahkan cukup bersemangat mendirikan rumah agar cepat selesai.

Bambang Utomo menambahkan pihaknya ingin menggiatkan kembali semangat gotong royong yang mulai luntur. Padahal dari gotong royong pula, sesuatu yang berat akan terasa lebih ringan. Bahkan kedepan berangan angan membentuk semacam paguyuban gotong royong, untuk membantu sesama. Menurutnya jangan melulu berharap pada bantuan pemerintah, karena sebenarnya kekuatan masyarakat luar biasa, apabila naluri kepedulian mereka terus dipupuk.

Sementara itu Giyanto mengaku terharu melihat kekompakan tetangganya. Pria berusia 23 tahun yang biasa bekerja serabutan ini berulang kali mengucapkan terima kasih. Sekarang keluarganya merasa lebih tenang, meski hidup menumpang di tanah milik desa.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *