Flash News
No posts found

Desa Dan Sekolah Resah, Pemkab Siap Luncurkan Data

Kabag Humas Pemkab Rembang, Johan Nurwicaksono.

Kabag Humas Pemkab Rembang, Johan Nurwicaksono.

Rembang – Ulah sejumlah orang yang mengaku wartawan, belakangan semakin meresahkan. Mereka diduga gencar mendatangi balai desa dan sekolah sekolah, meminta uang, berdalih untuk pengembangan media, sambil menyerahkan koran.

Zaenudin, salah satu perangkat desa Sumbergirang Kec. Lasem mengatakan Senin pagi (20 Oktober 2014) baru saja membuka balai desa. Saat sibuk bersih bersih, datang dua orang pria mengaku wartawan dari sebuah media koran di Pati. Pelaku minta uang kepada kepala desa, entah untuk membeli koran atau maksud lain. Karena merasa tidak tega, sang kepala desa tetap memberi uang. Zaenudin menganggap aksi seperti itu marak akhir akhir ini, biasanya berasal dari media yang tidak jelas. Menurutnya perlu tindakan tegas menolak permintaan uang, apalagi jika menggunakan cara terkesan memaksa dan tidak jelas peruntukannya.

Kepala Bagian Humas Pemkab Rembang, Johan Nurwicaksono menyatakan wartawan bertugas mencari berita, bukan meminta uang. Masyarakat harus berhati hati, dengan cara kali pertama menanyakan identitas yang bersangkutan. Kemudian maksud dan tujuan kedatangan. Kalau sudah melenceng dari kode etik jurnalistik, narasumber bisa saja tidak melayani. Pihaknya kedepan berencana mengirimkan data rincian wartawan yang bertugas di kabupaten Rembang kepada seluruh desa dan sekolah, agar mempunyai panduan untuk membedakan antara wartawan asli dengan wartawan abal abal.

Johan Nurwicaksono menambahkan berdasarkan data Bagian Humas, terdapat 30 an wartawan media cetak, elektronik dan online. Itupun terbagi dalam kategori harian, mingguan bahkan ada pula yang bulanan. Menurutnya belakangan sebagian besar masyarakat sudah mulai jeli membedakan wartawan asli atau bukan. Apalagi kalau wartawan dan media tersebut cukup eksis, tentu akan lebih mudah mengenali.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *