Flash News
No posts found

Jemaah Pulang, Bawa Oleh Oleh Paling Ditunggu

Tas jemaah haji sering menjadi tempat untuk membawa air zam zam.

Tas jemaah haji sering menjadi tempat untuk membawa air zam zam.

Rembang – Gelombang kepulangan jemaah haji Kab. Rembang sebanyak 673 orang terus berlanjut, hari Jumat (24 Oktober 2014). Air zam zam menjadi salah satu oleh oleh yang sering dibawa jemaah dari tanah suci, karena dinantikan sanak saudara dan tetangga di kampung halaman.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Rembang, Athoillah Muslim menuturkan sesuai aturan jemaah yang pulang naik pesawat dilarang membawa barang cair berlebihan, termasuk air zam zam, supaya tidak mengganggu penerbangan. Begitu sampai Bandara Adi Soemarmo Solo, barulah setiap jemaah mendapatkan jatah 5 liter air zam zam dari pihak maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Kalau jemaah jauh jauh hari ingin membawa air zam zam lebih banyak, alternatif paling aman yakni dengan cara memanfaatkan jasa paket dari Mekkah ke Indonesia.

Salah satu jemaah haji asal Kec. Bulu – Rembang, Syahid mengakui memang butuh perjuangan khusus, demi air zam zam. Kalau hanya mengandalkan jatah Garuda Indonesia, dianggap masih kurang, sehingga nekat membawa sendiri sebanyak 5 liter. Soal bagaimana caranya, Syahid keberatan memperinci, yang penting tidak disita petugas bandara.

Syahid menambahkan air zam zam dibagikan kepada para tamu. Meski hanya segelas kecil, namun mereka cukup senang.

Lokasi air zam zam berada di dekat Ka’bah. Sumber air sejak masa Nabi Ibrahim tersebut tidak pernah habis, meski terus diambil. Sesuai riwayat, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda sebaik baiknya air adalah air zam zam.

Air tersebut bisa menjadi makanan yang mengenyangkan dan bisa sebagai obat penyakit. Bahkan riwayat lain menyebutkan do’a akan dikabulkan, melalui keberkahan air zam zam.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *