Flash News
No posts found

Kepergok, Kepalapun Bocor

Tersangka pencuri helm di halaman parkir Dinas Pendidikan Kab. Rembang, berada di ruangan Unit I Reskrim, Jumat siang.

Tersangka pencuri helm di halaman parkir Dinas Pendidikan Kab. Rembang, berada di ruangan Unit I Reskrim, Jumat siang.

Rembang – Seorang pria kepergok mencuri helm di halaman parkir, sebelah selatan kantor Dinas Pendidikan Kab. Rembang, Jumat siang (31 Oktober 2014). Tersangka berinisial LK, 34 tahun, warga desa Ngotet Rembang.

LK semula mengendarai sepeda motor sendirian, masuk ke dalam area parkir. Setelah itu mencuri helm milik Nana, guru SMP N 5 Rembang. Belum sempat kabur, sudah diketahui dan langsung diamankan petugas keamanan kantor. Tak berselang lama, aparat Polres Rembang mengamankan tersangka. Setelah itu LK dibawa ke Mapolres Rembang, untuk menjalani pemeriksaan.

LK mengaku kepalanya sempat dipukul hingga bocor oleh warga yang merasa emosi. Ia berulang kali menyesali perbuatannya, seraya berjanji tidak akan mengulangi lagi.

LK bersikukuh tidak akan menjual helm hasil curian kepada orang lain. Ia yang sehari hari mengaku usaha “mindring (menjual barang sistem mengangsur)” tersebut kebetulan libur bekerja. Entah kenapa kemudian berinisiatif ingin mencuri helm, rencananya dipakai sendiri, lantaran helm lamanya sudah jelek.

Dari tangan tersangka, polisi mengamankan barang bukti sebuah helm curian, ditaksir harganya hampir Rp 300 ribu.

Kepala Unit I Reskrim Polres Rembang, Agus Saptono menyatakan pihaknya meminta keterangan tersangka dulu. Setelah ada arahan dari pimpinan, baru menentukan langkah langkah lebih lanjut. Tersangka akan dikenakan pasal tindak pidana ringan.

Belakangan muncul Peraturan Mahkamah Agung No. 02 tahun 2012 menyebutkan kasus pencurian dengan nilai barang dibawah Rp 2,5 juta, terdakwa tidak bisa ditahan. Aturan tersebut sering kali menjadi bahan perdebatan ditingkat masyarakat. Mereka mempertanyakan bagaimana proses hukum bagi pengutil maupun pencuri helm berpengalaman.

Dari beberapa kasus sebelumnya di Kab. Rembang, tersangka pencuri dengan nilai barang dibawah Rp 2,5 juta, ada yang dikenakan tindak pidana ringan, tapi banyak pula yang akhirnya dibebaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *