Flash News
No posts found

Yang 100 %, Baru Dua Kecamatan

Mobil operasional untuk menagih PBB ke pelosok pedesaan di Kab. Rembang.

Mobil operasional untuk menagih PBB ke pelosok pedesaan di Kab. Rembang.

Rembang – Sampai hari Jumat (31 Oktober 2014), baru dua kecamatan yang sudah 100 % melunasi pajak bumi dan bangunan (PBB), padahal masa akhir pembayaran mustinya tanggal 30 September 2014 lalu.

Kedua kecamatan itu yakni Kec. Sale dan Pamotan. Sedangkan kecamatan yang setoran PBB nya paling seret adalah Kec. Sarang. Dari target Rp 1 miliar, baru menyetorkan sekira Rp 500 jutaan.

Kepala Bidang Pendapatan DPPKAD Kab. Rembang, Suwilan menjelaskan sejak beberapa tahun terakhir tunggakan PBB di Kec. Sarang termasuk cukup tinggi. Meski demikian total se kabupaten Rembang telah memenuhi target. Dari Rp 8,5 miliar, kini terkumpul hingga Rp 9,2 miliar.

Suwilan menambahkan kendala yang sering muncul, biasanya wajib pajak berdomisili di luar kecamatan atau bahkan beda Kabupaten, sehingga menyulitkan petugas melakukan penagihan.

Yang jelas tim satuan tugas rutin mendatangi desa desa, untuk mempercepat pembayaran. Sejauh ini bukan karena uang dipakai petugas dulu, tetapi rata rata disebabkan kendala tekhnis lapangan.

Menurutnya, pajak bumi dan bangunan tidak lagi disetor ke tingkat pusat. Tahun ini sudah masuk ke kas daerah sebagai salah satu pendapatan, untuk menopang program pembangunan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *