Flash News
No posts found

Hemat Tenaga, Usulkan 10 Buah

Mesin panen padi modern, hemat dan praktis.

Mesin panen padi modern, hemat dan praktis.

Pamotan ā€“ Mesin panen padi modern (combine harvester) belakangan ini menyedot perhatian petani. Tapi karena baru ada satu unit di Kec. Pamotan, sehingga kedepan Pemerintah Kabupaten Rembang akan memperbanyak jumlahnya.

Kepala Seksi Tanaman Pangan Hortikultura Dinas Pertanian Dan Kehutanan Kab. Rembang, Ika Himawan Affandi menuturkan setelah mengamati, ternyata animo masyarakat cukup bagus dan bahkan mereka harus antre cukup lama, untuk bisa memanfaatkan sarana perontok padi tersebut. Hanya saja yang ada di Kec. Pamotan memang berkapasitas besar, dengan harga sekira Rp 300 jutaan. Tahun 2015, Dinas Pertanian Dan Kehutanan akan mengusulkan mesin panen modern yang berukuran lebih kecil, seharga Rp 98 jutaan per unit. Maka pihaknya bisa melakukan pengadaan barang agak banyak, sekira 10 unit, untuk disalurkan kepada kelompok tani.

Ika Himawan Affandi menambahkan banyak keunggulan dari mesin perontok padi modern tersebut.

Saat memanen padi, cukup menyiapkan 2 orang saja, tenaga operator dan pembantu. Selain itu juga lebih cepat dan praktis, karena begitu tanaman padi masuk ke dalam mesin, maka akan terpisah antara gabah dengan beras. Kalau beroperasi selama sehari, mampu menyelesaikan panen seluas 2 hektar.

Sementara itu, Suparmin petani di desa Meteseh Kec. Kaliori meminta agar penyebaran lokasi bantuan mesin perontok padi tersebut, tepat sasaran.

Yang paling utama adalah luasnya lahan tanaman padi, sehingga petani sering kesulitan mencari buruh tani. Bantuan jangan diberikan kepada lokasi dengan lahan terbatas non irigasi, karena dikhawatirkan mematikan rezeki buruh tani.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *