Flash News
No posts found

Tangkal Pengaruh Budaya Barat, Even Ini Digelar

Salah satu group hadrah unjuk kebolehan di halaman MAN Lasem, Sabtu sore.

Salah satu group hadrah unjuk kebolehan di halaman MAN Lasem, Sabtu sore.

Lasem – Seni hadrah dianggap sarana positif untuk mensyiarkan agama Islam. Hal itu yang mendorong Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Lasem menggelar kegiatan lomba hadrah tingkat kabupaten, di halaman sekolah tersebut, mulai Sabtu sore dan baru berakhir Minggu pagi dini hari (09 November 2014).

Ajang tersebut mendapatkan antusias cukup tinggi dari para peserta. Sedikinya 31 group hadrah ikut ambil bagian.

Fachrudin (20 tahun) misalnya. Personel seni hadrah dari desa Balongmulyo Kec. Kragan ini menganggap pentas yang digelar oleh MAN Lasem menjadi waktu paling tepat antar group bisa bertemu dan saling bertukar pengalaman. Menurutnya, sebelum ikut lomba, melakukan persiapan khusus selama 3 hari, difokuskan meningkatkan kekompakan sesama pemain, terutama saat pergantian kunci lyric lantunan sholawat.

Wakil Kepala Sekolah MAN Lasem, Nurhaqiqi menyebutkan di sekolahnya sendiri terdapat group hadrah. Tiap kali ada guru maupun pegawai sekolah mempunyai hajat kerja, mereka diundang untuk mengisi, setidaknya menambah jam terbang tampil di depan muka umum. Karena sudah seperti budaya sekolah, pihaknya kemudian menugaskan pengurus OSIS merancang kegiatan dalam rangka meramaikan bulan Muharram. Belakangan tercetus ide festival hadrah bagi kalangan umum. Menurutnya hadrah identik dengan sholawat nabi yang banyak mengajarkan nilai nilai positif.

Perlombaan akhirnya dimenangkan oleh group rebana Mubarok, disusul Tanwir Sedan dan juara III group Madani Yunior.

Nurhaqiqi menambahkan pihaknya ingin mendorong Kementerian Agama supaya even festival hadrah menjadi agenda rutin tahunan secara berjenjang dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi bahkan hingga ke tataran nasional, seperti layaknya Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ).

Seni budaya Islam musti terus digelorakan, agar tidak semakin tersisih. Apalagi belakangan seni hiburan modern ala orang barat terus bermunculan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *