Flash News
No posts found

Hadapi Bencana, Disiapkan Jirigen Ajaib

Kasi Logistik BPBD Rembang, Ahmad “ayub” makruf menunjukkan jirigen water treatment.

Kasi Logistik BPBD Rembang, Ahmad “ayub” makruf menunjukkan jirigen water treatment.

Rembang – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rembang, hari Kamis (13 November 2014) mematangkan persiapan sarana pra sarana untuk menghadapi potensi bencana alam pada musim penghujan tahun ini.

Salah satunya yang disiapkan adalah bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berupa “jirigen ajaib” atau sering disebut water treatment. Jirigen tersebut bukan jirigen sembarangan, karena saat air kotor dimasukkan akan langsung tersaring dan mampu menghasilkan air bersih, layak dikonsumsi.

Kepala Seksi Logistik BPBD Rembang, Ahmad “Ayub” Makruf menjelaskan pihaknya mempunyai dua buah jirigen water treatment, sangat tepat untuk digunakan oleh korban bencana banjir. Bentuknya praktis, mudah dibawa berpindah pindah. Selain itu ada pula piranti penyulingan air, tapi memang ukurannya cukup besar. Mana yang dibawa ke lapangan, tentu harus menyesuaikan lokasi bencana. Apalagi banjir di Kab. Rembang sering kali hanya bersifat banjir bandang, sehingga air cepat surut. Kemudian perlengkapan seperti perahu karet dan sejenisnya telah dicek ulang.

Ahmad Makruf menambahkan anggota satuan tugas rutin piket siaga bencana di posko BPBD. Mereka terbagi dalam tiga piket, yakni dari pukul tujuh pagi sampai dengan tiga sore, pukul tiga sore hingga sepuluh malam dan sif berikutnya, pukul sepuluh malam sampai pukul tujuh pagi. Laporan bencana dari masyarakat, siap ditampung selama 24 jam.

Menurut pejabat dari Perumahan Sumber Mukti Indah Sumberejo Rembang ini, curah hujan di Kab. Rembang pada bulan November masih rendah, kemudian diramalkan mencapai puncaknya bulan Desember mendatang. Maka masyarakat di daerah bencana, musti meningkatkan kewaspadaan. Diantaranya sepanjang daerah aliran sungai Bagan Lasem, pegunungan Lasem, Sluke dan Sedan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *