Flash News
No posts found

Si Pemberani Dapat Sambutan Hangat

Rofinus Monteiro (baju merah) disambut anggota TNI, usai bersandar di Pelabuhan Tasikagung Rembang.

Rofinus Monteiro (baju merah) disambut anggota TNI, usai bersandar di Pelabuhan Tasikagung Rembang.

Rembang – Seorang pemuda nekat menjelajah laut, hanya dengan naik perahu kecil, biasa disebut perahu sandekh. Pemuda tersebut pada Rabu sore singgah ke dermaga pelabuhan Tasikagung Rembang, untuk memperbaiki salah satu bagian perahunya yang rusak.

Nama pemuda pemberani ini adalah Rofinus Monteiro (26 tahun), warga Flores Nusa Tenggara Timur. Sejak bulan Juni lalu, Fino, begitu panggilan akrabnya mulai berlayar dari Makassar Sulawesi Selatan. Setelah sempat berhenti, bulan Oktober melanjutkan ekspedisi. Hingga akhirnya mampir ke Pos Kamla Tasikagung. Menurut rencana, setelah selesai melakukan perbaikan, Fino akan menuju Jepara dan diteruskan ke Jakarta.

Rofinus Monteiro menuturkan selama berada di tengah lautan, hanya berbekal pelampung, satelit, GPS, kompas dan bahan bahan makanan. Banyak kendala yang harus dihadapi, salah satunya gelombang tinggi. Ia menyadari butuh perhitungan matang, supaya perahunya tidak sampai tergulung ombak.

Pemuda lulusan Universitas Trisakti Jakarta ini menambahkan tujuan mengarungi samudra antar pulau untuk mencari pengalaman baru, sekaligus lebih mengenalkan potensi kelautan kepada warga, tiap kali singgah di suatu daerah.

Menurutnya, anak anak muda sekarang lebih suka bekerja di daratan. Padahal potensi kelautan sangat melimpah dan belum dioptimalkan. Ia bersama sejumlah rekannya terus mengkampanyekan arti pentingnya laut bagi masyarakat Indonesia.

Saat tiba di dermaga Pelabuhan Tasikagung, Rofinus disambut oleh Komandan Kodim Rembang, Letkol Wawan Indaryanto dan Komandan Pos Angkatan Laut Rembang, Lettu Hartono.

Komadan Kodim, Letkol Wawan Indaryanto mengatakan pihaknya mengapresiasi cara yang dilakukan Rofinus. Meski berbahaya, namun hal itu bisa memancing kawula muda lainnya mau melirik laut. Kalau sudah tahu, tentu diharapkan ikut tergugah menjaga laut melalui tindakan nyata.

Komandan Pos Angkatan Laut Rembang, Lettu Hartono mengingatkan Rofinus untuk mewaspadai perubahan cuaca di Laut Jawa. Belakangan tanda tanda musim angin baratan yang sering disertai ombak besar mulai tampak. Maka pihaknya menghimbau Rofinus sering berkoordinasi dengan aparat terdekat, kalau menemui masalah. Sarana radio komunikasi bisa difungsikan, apalagi pelayaran menuju Jakarta diprediksi lebih banyak tantangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *