Flash News
No posts found

Desa Membandel, Pemkab Layangkan Peringatan

Anggota Komisi A DPRD Rembang, Puji Santoso.

Anggota Komisi A DPRD Rembang, Puji Santoso.

Rembang – Cukup banyak perangkat desa di Kab. Rembang yang masih menjabat, padahal seharusnya sudah purna, karena batasan usia maksimal 60 tahun.

Dalam Undang Undang Desa No 06 tahun 2014 secara tegas diatur, masa jabatan perangkat desa tidak boleh melebihi usia 60 tahun. Namun kenyataanya mereka tetap menduduki posisi tersebut, sehingga memancing kecemburuan di tengah masyarakat. Seperti yang terjadi di Kec. Sumber dan Kec. Kaliori.

Puji Santoso, Anggota Komisi A Bidang Pemerintahan DPRD Rembang menjelaskan pihaknya telah mendengar informasi tersebut. Ia mendorong supaya Pemerintah Kabupaten lebih intensif menyosialisasikan aturan UU Desa yang baru, supaya kepala desa cepat tanggap. Jangan sampai muncul rasa sungkan memberhentikan, karena kebetulan antara kepala desa dengan perangkatnya cukup dekat. Hal itu tidak boleh terjadi, apalagi masyarakat sekarang semakin mudah mengakses kebijakan pemerintah. Undang Undang bisa didownload melalui internet, maka pemerintah desa musti mengimbangi dengan bersikap transparan.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Pemkab Rembang, Akhsanudin menanggapi pihaknya sudah melayangkan surat kepada seluruh kecamatan, berisi tentang akhir jabatan perangkat desa hanya sampai usia 60 tahun. Kalau misalnya dulu saat surat pengangkatan disebutkan hingga usia 65 tahun, maka secara otomatis tidak berlaku. Ia berharap segera diteruskan ke desa desa. Mekanismenya, kepala desa mengajukan surat pemberhentian perangkat desa kepada Bupati, setelah itu tinggal menunggu surat turun.

Akhsanudin menambahkan perangkat desa yang purna, maka seluruh bengkok atau tanah garapan wajib dikembalikan ke desa. Begitu proses pemilihan selesai, nantinya bengkok diserahkan kepada perangkat desa baru.

1 Komentar

  1. tawon

    klau PEMKAB dan DEWANnya yg BANDEL trus diapain????______

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *