Flash News
No posts found

Peningkatan Kapasitas, Masih Sebatas Mimpi

Pegawai PDAM Rembang mengecek instalasi air, sebelum dialirkan ke pelanggan.

Pegawai PDAM Rembang mengecek instalasi air, sebelum dialirkan ke pelanggan.

Rembang – Eksplorasi mata air Sumber Semen di desa Tahunan Kec. Sale menjadi 140 liter per detik, sampai saat ini belum terwujud, padahal PDAM sudah bertahun tahun mengusulkan kepada Kementerian Pekerjaan Umum di Jakarta.

Pelaksana Tugas Direktur PDAM Rembang, Guswakhid Hidayat mengungkapkan sekarang Sumber Semen Sale baru diambil sebanyak 80 liter per detik. Kalau ada tambahan 60 liter lagi, tentu akan mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Belakangan cukup banyak calon pelanggan di Kota Rembang yang belum bisa dialiri, seiring dengan perkembangan kawasan perumahan. Pihaknya menduga pemerintah pusat masih memprioritaskan instalasi air ditingkat kecamatan, sehingga peningkatan kapasitas air belum menjadi perhatian.

Guswakhid menambahkan untuk sementara pihaknya akan fokus menyedot air Embung Panohan di desa Panohan Kec. Gunem. Usulan sudah dilayangkan kepada Satuan Kerja Air, kemudian perencanaannya juga beres. Kini tinggal menyelesaikan persyaratan lain.

Ia mencontohkan salah satu yang harus dilaksanakan adalah pertemuan antara PDAM, pemerintah kabupaten Rembang dan perkumpulan petani pemakai air (P3A). PDAM telah mengirimkan surat ke Pemkab, namun kepastian waktunya belum dijadwalkan. Kalau Embung Panohan bisa dioptimalkan, setidaknya sanggup mencukupi kebutuhan air bagi warga di Kec. Gunem dan Sulang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *