Flash News
No posts found

Parkiran Sekolah Mendadak Sepi, Ternyata Alasannya..

Dua orang pelajar sebuah SMA di Rembang ini mengendarai sepeda motor di jalur Pantura, hari Kamis. Giat operasi zebra candi menurunkan pemakaian sepeda motor ke sekolah.

Dua orang pelajar sebuah SMA di Rembang ini mengendarai sepeda motor di jalur Pantura, hari Kamis. Giat operasi zebra candi menurunkan pemakaian sepeda motor ke sekolah.

Rembang – Selama giat operasi Zebra Candi, parkir sepeda motor sejumlah sekolah di kota Rembang menurun tajam. Pasalnya sebagian besar siswa kelas I SMA sederajat yang semula mengendarai sepeda motor saat berangkat maupun pulang sekolah, menghentikan kebiasaan tersebut, lantaran takut terjaring operasi.

Di SMAN I Rembang misalnya, parkiran sepeda motor pada hari Kamis (27 November 2014) tidak lagi penuh seperti hari biasa. Jumlah sepeda motor siswa mengalami penurunan hampir 30 %.

Kepala Sekolah SMA N I Rembang, Setyo “ipung” Purwoko menjelaskan pihaknya menghimbau bagi siswa yang belum berusia 17 tahun atau belum mengantongi Surat Izin Mengemudi (SIM), dilarang mengendarai sepeda motor ke sekolah. Sosialisasi juga disampaikan kepada orang tua/wali murid, melalui rapat komite. Diharapkan siswa diantar jemput oleh orang tua atau menggunakan moda transportasi umum. Ia menilai arahan tersebut dipatuhi, buktinya tempat parkir menjadi lebih longgar.

Di SMA N II Rembang juga ada larangan siswa membawa sepeda motor, bagi yang belum punya SIM. Giat operasi Zebra Candi bisa menjadi momentum untuk mematuhi aturan. Selama ini siswa kelas 1 – 3 SMA sederajat leluasa mengendarai sepeda motor, lantaran rumah jauh, mengikuti ekstra kurikuler sampai sore hari, sehingga takut tidak mendapatkan angkutan dan alasan lebih praktis.

Kaur Binops Satuan Lalu Lintas Polres Rembang, Iptu Haryanto menganggap alasan seperti itu jangan dijadikan pembenar. Sebaiknya semua pihak mendudukkan aturan bahwa SIM merupakan syarat mutlak yang tidak bisa ditawar lagi. Ia berpendapat pelajar usia 15 – 16 tahun dalam berkendara masih labil dan belum memahami aturan berlalu lintas. Larangan membawa sepeda motor ke sekolah, justru demi keselamatan siswa sendiri, salah satunya mengantisipasi kecelakaan. Kalau nantinya menginjak usia 17 tahun, mereka baru berhak mengurus SIM.

Iptu Haryanto menambahkan Operasi Zebra Candi berlangsung dari tanggal 26 November sampai dengan 09 Desember 2014.

Intensitas operasi di jalan raya ditingkatkan, bahkan sampai ke pelosok pedesaan, untuk menjaring pelanggaran ringan, seperti tidak mengenakan helm, hingga pelanggaran berat, salah satunya merazia motor bodong atau tanpa surat surat yang sah.

Selama dua hari berlangsung operasi, Satlantas menindak 222 pelanggar. Rinciannya polisi mengamankan 20 kendaraan bermotor, 186 STNK dan 16 buah SIM, sebagai jaminan sidang di Pengadilan Negeri Rembang.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *