Flash News
No posts found

Saran Untuk Bupati, Perlu Darah Muda

Bupati Rembang, Abdul Hafidz.

Bupati Rembang, Abdul Hafidz.

Rembang – Kalau sektor pariwisata di Kab. Rembang ingin maju, muncul desakan supaya pejabat – pejabat penting di jajaran Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda Dan Olahraga (Dinbudparpora) dirombak. Komposisi personel yang ada sekarang ini, dianggap minim inovasi.

Abdul Mun’im, salah satu pegiat LSM di Rembang mengamati kinerja Dinbudparpora masih lemah. Terbukti pada tahun 2015 lalu, cukup besar silpa atau uang yang kembali ke kas daerah, gara – gara tidak terserap.
Dalam hal pengelolaan pariwisata, kesannya instansi tersebut menunggu kedatangan investor. Kurang sigap terjun langsung ke lapangan, menggali keinginan masyarakat dan memberdayakan potensi yang ada. Semua harus dibangun dari bawah, kemudian pemerintah tinggal mendampingi serta memfasilitasi.

Menurut Mun’im, Dinbudparpora perlu figur – figur darah muda untuk ditempatkan ke sejumlah bidang yang mampu mengangkat pariwisata dan budaya. Asalkan gelombang mutasi pegawai, tetap mengacu aturan dan kompetensi.

Pelaksana Tugas Kepala Dinbudparpora Kab. Rembang, Suyono berpendapat belum perlu perombakan besar – besaran di instansi Dinbudparpora. Pegawai yang ada masih layak dipertahankan. Hanya perlu meningkatkan kerja sama antar bidang, untuk satu tujuan demi kemajuan pariwisata. Tapi soal penambahan atau bongkar pasang pegawai, tentu menjadi kewenangan Bupati.

Selain itu, ia berharap ada penambahan sarana pra sarana di Dinbudparpora. Misalnya tambahan mobil operasional. Instansi sering mengirimkan atlet olahraga keluar daerah, tapi tidak memiliki kendaraan. Daripada terus – terusan sewa, ia mengajukan pengadaan mobil pada APBD Perubahan tahun ini, supaya lebih efektif. Begitu pula untuk Bidang – Bidang lain, perlu kendaraan guna menunjang aktivitas ke lapangan.

Sebelumnya, Bupati Rembang, Abdul Hafidz mengungkapkan sering kali Dinbudparpora dianggap sebagai dinas untuk pegawai “buangan”, maka di masa pemerintahannya, akan dibentuk menjadi dinas terdepan. Ia menilai sektor pariwisata kalau maju, bisa mengangkat sektor – sektor lain, sehingga masyarakat menjadi lebih berdaya. Salah satu mimpi yang ingin dicapai, menggabungkan wisata bahari dan wisata religi di sekitar Pasujudan Sunan Bonang Lasem.

Terkait mutasi pejabat Dinbudparpora, Hafidz enggan membahasnya sekarang. Hal itu karena kepala daerah baru boleh menata susunan organisasi tata kerja (SOTK), 6 bulan setelah dilantik atau tepatnya bulan Agustus mendatang.
Sekarang, kekuatan pegawai yang ada mesti dioptimalkan. Namun rekam jejak kinerja masing – masing sudah dikumpulkan. Terjadi perubahan atau tidak, diputuskan pada saatnya nanti. (MJ – 81).

2 Komentar

  1. mbahe

    omdo semua……. purwodadai rak kuthane, singpenting rak nyatane… aja mung ngentekke dhuwit rakyat ra ana hasile.

  2. Rouf

    dear pemerintah rembang yg kita banggakan..
    saya ucapkan trimakasih udah bwt rembang sedikit lebih baik.
    #uppsss ya itu sedikit perubahan..
    dari waktu sekolah SD sampai saat ini.. bagi ku rembang tetep masih sama seperti dulu.. tdk ada perubhan yg menonjol waaooooo.
    saya berharap rembang menjadi kota kunjungan… dimana ada banyak tempat sejarah nan indah yg bisa di kunjungi.. lautan yg mnjulang luas.n banyak bukit yg RINDANG walaupun nggk klah bayak bukit yang GERSANG.
    upsss sorry sedikit curhat. 🙁
    untuk pusat kota nya trutama jalan nya saya harap bsa di bngun lbih indah.. nddk perlu luas.. sempit jg nddk bkal macet kok.. yg penting indah. tiap kanan kiri di tanam tanaman bunga pucuk merah dong.. biar indah gitu.. jalan yg udah terlanjur luas di kasih pembatas .biar jdi jalan yg searah.. nggk morat marit nyebrang smbarangan. banyak kecelakaan. bwt alun alun nyA . terlalu simple n sederhana.. 🙁
    #oh iya berhubung saya suka olahraga trutama sepak bola.. saya sedikit sedih mlihat tim psir kita yg tak kunjung bsa masuk liga 1.. mungkin stadion nya kali ya blum SNI 🙂 kurang layak pakai jd krang smngat n krang smart main nya.hehe MAAF. tolong di renovasi stadion KRIDA kita agar pantas n layak msuk lga satu..saya harap lewat dunia sepak bola ini rembang bisa terkenal di seluruh indonesia.
    #sdikit crita. saya sebagai orang perantauan. anggap saja mampir minum di kota orang sedikit malu.. kala di tanya asli orang mana…
    #Rembang itu daerah mana?. ikut provinsi mana? nggk terkenal bnget kan..menyedihkan bukan. 🙁
    rembang msih punya bnyak PR
    #
    #jngn lupa semboyang kita itu #BANGKIT!!#
    upsss maaf klw ada salah kata. ambil baik nya. syukur2 terlaksana aminnnnn….
    #salam wong deso ngisor gunung nganten#
    sekian n trimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *