Flash News
No posts found

Karang Siwalan, Antara Aroma Sesajian Dan Godaan Menyelam

Gugusan karang Siwalan yang ditempati untuk memajang sesajian. (gambar atas) pengunjung naik perahu wisata mengitari gugusan karang Siwalan.

Gugusan karang Siwalan yang ditempati untuk memajang sesajian. (gambar atas) pengunjung naik perahu wisata mengitari gugusan karang Siwalan.

Rembang – Di tengah laut perairan Rembang ada sebuah gugusan karang yang masih digunakan untuk menaruh sesajian. Entah apa tujuannya, namun di tempat itu deretan sesajian berjajar rapi, menandakan masih ada yang menjamahnya.

Warga biasa menyebut gugusan karang Siwalan, berada di tengah laut, perbatasan antara desa Pasar Banggi dengan desa Punjulharjo, Rembang. Ada hampir 10 bongkahan karang mengelompok menjadi satu kawasan, kanan kirinya dikepung air laut yang sangat jernih. Bahkan ikan – ikan berlarian bebas, terlihat jelas dari atas perahu.

Sarmodan, salah satu pemilik perahu wisata di Pantai Karangjahe – Punjulharjo menceritakan saat pagi hari ombak pasang, kedalaman air di sekitar gugusan karang Siwalan, antara 1 – 2 meter. Tapi saat diatas pukul 14.00 WIB, air kerap mulai surut, sehingga siapapun bisa lebih mendekat dan naik ke atas karang. Mengenai sesajian, kemungkinan dipasang oleh nelayan desa Pasar Banggi pada waktu momen sedekah laut. Bisa jadi berharap mendapatkan berkah hasil tangkapan melimpah.

Sarmodan menambahkan dirinya kerap mengantarkan wisatawan ke Karang Siwalan. Termasuk pada Sabtu pagi (23 Juli 2016), beberapa kali menuju Siwalan, bersama – sama dengan pelancong dari luar daerah. Ia kemudian menunjukkan perahunya sudah dilengkapi pelampung sebagai sarana keamanan, apabila sewaktu – waktu terjadi peristiwa yang tidak diinginkan. Bagaimanapun antisipasi harus dilakukan, karena manusia tak tahu kapan musibah datang. Pria berusia 56 tahun ini berharap selama mengangkut wisatawan, tak sampai menghadapi aral rintangan yang mengancam keselamatan.

Winardi, seorang pengunjung asal Juana – Pati mengaku mengajak pacarnya, untuk survei lokasi yang layak dijadikan foto pre wedding.

Menurutnya, di gugusan karang Siwalan sangat menarik. Airnya jernih dan ombaknya juga tenang. Bagi Winardi, kondisi tersebut mestinya lebih diberdayakan oleh pengelola wisata untuk menyediakan layanan menyelam atau diving pada perairan dangkal. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *