Flash News
No posts found

Tim Pansel Sekda Terbentuk, Bupati Ungkap 5 Nama Kandidat

Bupati Rembang, Abdul Hafidz (pegang microphone) saat diapit Subhakti dan Abdullah Zawawi. Keduanya termasuk kandidat Sekda.

Bupati Rembang, Abdul Hafidz (pegang microphone) saat diapit Subhakti dan Abdullah Zawawi. Keduanya termasuk kandidat Sekda.

Rembang – Lima orang panitia seleksi Sekretaris Daerah (Sekda) Rembang telah terbentuk. Tidak ada satupun panitia yang berasal dari jajaran Pemkab Rembang, lantaran mekanismenya seperti itu.

Bupati Rembang, Abdul Hafidz dalam sesi wawancara dengan Reporter R2B, Sabtu siang (23 Juli 2016) membeberkan empat orang merupakan akademisi Universitas Diponegoro Semarang dan satu personel lainnya perwakilan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Kebetulan yang ditunjuk adalah Suko Mardiono, Kepala Bakorwil I Jawa Tengah, berkedudukan di Pati dan juga pernah menempati Penjabat Bupati Rembang.

Disinggung siapa saja pejabat Pemkab Rembang yang bisa ikut seleksi Sekda, diperkirakan ada 5 orang. Meliputi Noor Effendi dan Wartono staf ahli Bupati, kemudian Waluyo Kepala Dinsosnakertrans, Asisten I Sekda Subhakti serta Asisten III Sekda, Abdullah Zawawi. Ditargetkan paling lambat bulan September mendatang, sudah muncul satu nama yang akan menduduki kursi Sekretaris Daerah.

Lalu siapa dari nama – nama itu yang membuat Bupati Abdul Hafidz cocok ? Hafidz menyerahkan sepenuhnya kepada panitia seleksi, yang akan menggelar pendaftaran, seleksi administrasi dan mengumumkan daftar nama calon. Selanjutnya melakukan penilaian kualitas kepemimpinan, kompetensi, disertai uji rekam jejak. Mereka akan merekomendasikan tiga nama calon Sekda definitif, untuk disampaikan kepada Bupati. Sebelum ditetapkan, terlebih dahulu harus dikoordinasikan dengan Gubernur.

Menurutnya, Sekda memiliki tugas, pokok fungsi yang sangat strategis, yakni membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan dan mengkoordinasikan satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Sekda pula yang bertanggung jawab membina PNS. Tanpa menyebut nama, Hafidz hanya menjawab singkat, Sekda harus sinkron dengan Bupati.

Sementara ini, posisi Penjabat Sekda Rembang diduduki oleh Hari Susanto, yang dikenal cukup lama menjadi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Pria warga Perumahan Permata Hijau Ngotet – Rembang itu merangkap posisi Sekda, sejak tanggal 24 Agustus 2015 lalu, menggantikan Hamzah Fathoni, yang maju menjadi calon Bupati. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *