Flash News
No posts found

Tax Amnesty, Obral Besar – Besaran

Seorang pegawai KPP Pratama Pati menunjukkan CD dan brosur tentang Tax Amnesty, Kamis siang.

Seorang pegawai KPP Pratama Pati menunjukkan CD dan brosur tentang Tax Amnesty, Kamis siang.

Rembang – Ada 6 manfaat yang bisa diperoleh, manakala wajib pajak mengikuti Tax Amnesty atau Amnesti Pajak.

Tax Amnesty merupakan program dari pemerintah pusat, berupa penghapusan pajak yang seharusnya terutang, tanpa dikenai sanksi administrasi perpajakan dan sanksi pidana di bidang perpajakan, dengan cara mengungkap harta dan membayar uang tebusan.

Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pati, Sudarmawan Haris Hartadi dalam sosialisasi Tax Amnesty di lantai IV Gedung Sekretariat Daerah Rembang, Kamis siang (04 Agustus 2016) menganggap Amnesti Pajak ibarat obral besar – besaran. Bagi kalangan pegawai pajak yang dibebani target pemasukan, bisa jadi terasa menyayangkan. Namun karena sudah menjadi keputusan pemerintah pusat, pegawai pajak harus siap mendukung.

Menurut Sudarmawan, Tax Amnesty memiliki banyak keuntungan. Diantaranya penghapusan pajak terutang, tidak dikenai sanksi administrasi perpajakan dan hukuman pidana, tidak dilakukan pemeriksaan maupun penyidikan, penghentian proses penyidikan, jaminan rahasia data pemohon Tax Amnesty serta pembebasan Pajak Penghasilan terkait proses balik nama harta. Karena kesempatan yang sulit terulang kembali, makanya masyarakat diharapkan berbondong – bondong memanfaatkan. Kalau ingin mendaftar Tax Amnesty, bisa datang ke kantor KPP Pratama Pati. Nantinya surat keterangan amnesti pajak diterbitkan dalam jangka waktu 10 hari, sejak diterima surat pernyataan harta milik wajib pajak.

Wajib pajak diberi tiga tahap untuk menyampaikan surat pernyataan harta. Periode pertama sampai dengan tanggal 30 September 2016, bagi warga yang tinggal di dalam negeri, dikenakan tarif tebusan 2 %. Perhitungan tebusan, tarif dikalikan dengan harta bersih. Tapi apabila permohonan diajukan antara tanggal 01 Oktober sampai dengan 31 Desember 2016, tarifnya naik 3 %. Jika baru mendaftar antara 01 Januari 2017 sampai 31 Maret 2017, tarifnya sudah naik lagi menjadi 5 %. Tarif tebusan lebih besar bagi WNI yang tinggal di luar negeri.

Wakil Bupati Rembang, Bayu Andriyanto yang hadir dalam forum sosialisasi itu mengungkapkan beberapa pihak memprediksi program Tax Amnesty bisa berpengaruh pada menguatnya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS. Ia pribadi mendukung Tax Amnesty, demi menambah pemasukan negara, sekaligus mengurangi trend menyembunyikan uang di luar negeri.

Di sela – sela kegiatan, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pati memutar video sambutan Presiden Joko Widodo, disaksikan puluhan tamu undangan, termasuk para wajib pajak. Jokowi menyampaikan Indonesia butuh uang hampir Rp 5 ribu triliun, guna meningkatkan roda pembangunan selama 5 tahun. Yang sanggup dibiayai anggaran negara hanya Rp 1.500 Triliun. Kekurangannya, bisa disokong program Amnesti Pajak. Jokowi mengultimatum wajib pajak yang tidak ikut Tak Amnesty, tapi menyembunyikan uangnya ke luar negeri, untuk menghindari pajak. Ia memastikan sudah mengantongi data – datanya.

Apabila masa Tax Amnesty selesai, wajib pajak yang tidak memanfaatkan, harta yang belum dilaporkan masuk sebagai penghasilan, dikenakan pajak dan ditambah sanksi sesuai Undang – Undang Perpajakan.

Rohmat, seorang warga di Rembang menilai program Tax Amnesty tak menjadi bahan perbincangan hangat di tengah masyarakat Kab. Rembang, karena masih banyak warga miskin dan tidak menjadi wajib pajak. Beda dengan kota – kota besar, kemungkinan banyak konglomerat.

Meski demikian, ia juga menantikan akhir dari Tax Amnesty. Uang yang diperoleh negara, bisa untuk mempercepat pengentasan kemiskinan. (MJ – 81).

2 Komentar

  1. Carrie

    You write so hoetsnly about this. Thanks for sharing!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *