Flash News
No posts found

Jemaah Haji Kloter 48 Berangkat Serentak, Ada 1 Yang Dibawa Ambulans

Jemaah calon haji Kloter 48 dilepas oleh Wakil Bupati Rembang, Bayu Andriyanto, Sabtu pagi.

Jemaah calon haji Kloter 48 dilepas oleh Wakil Bupati Rembang, Bayu Andriyanto, Sabtu pagi.

Rembang – Seorang jemaah calon haji Kloter 48 yang berangkat dari Gedung Haji Rembang, Sabtu (27 Agustus 2016) pukul 09.00 WIB terpaksa dimasukkan ke mobil ambulans.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji Dan Umroh Kementerian Agama Kab. Rembang, Salehuddin mengaku belum menerima rincian identitas jemaah tersebut. Semula jemaah itu kondisinya melemah, sehingga tim medis menyarankan naik ambulans saja, sebagai bentuk antisipasi. Yang jelas sakit biasa dan dipastikan tetap berangkat ke tanah suci. Sedangkan untuk 354 orang jemaah lainnya, secara umum sehat.

Mereka Sabtu Siang mampir di Grobogan dulu, guna menunaikan sholat dzuhur, setelah itu langsung menuju asrama haji Donohudan.

Salehuddin menambahkan untuk Kloter 38, ada jemaah asal desa Gegersimo Kec. Pamotan, berinisial DS yang gagal berangkat haji. Saat pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter menjelang bertolak ke tanah suci, yang bersangkutan teridentifikasi mengidap tuberculosis atau TBC. Kondisi itu dikhawatirkan menular ke jemaah lain. DS kemudian menjalani perawatan di RS Moewardi Solo.
Hari Sabtu ini petugas Kementerian Agama Kab. Rembang datang menjemput DS dan diantarkan pulang ke rumahnya. DS diarahkan fokus mengobati penyakitnya, supaya musim haji tahun depan bisa berangkat. Namun untuk isteri DS, yang sempat mendampingi, sudah berangkat ke tanah suci. Menurutnya, petugas Kemenag Rembang telah menyampaikan kendala tersebut kepada pihak keluarga.

Peristiwa yang menimpa DS tentu akan menjadi bahan evaluasi, sehingga pada tahap pemeriksaan kesehatan di daerah mesti diperketat.

Selain itu, calon jemaah haji yang akan berangkat tahun depan, mulai sekarang harus lebih matang mempersiapkan kondisi kesehatan. Kalau mengidap penyakit menular, segera ditangani. Yang lebih penting, perlu menjaga pola hidup sehat, makan teratur, menghindari merokok dan olahraga rutin. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *