Flash News
No posts found

“Yang Sakit Atau Akan Melahirkan, Silahkan Hubungi Kami…”

Kapolsek Sulang, AKP Haryanto menolong warga yang patah tangannya ke Puskesmas, dengan memakai mobil patroli, belum lama ini.

Kapolsek Sulang, AKP Haryanto menolong warga yang patah tangannya ke Puskesmas, dengan memakai mobil patroli, belum lama ini.

Rembang – Polres Rembang menetapkan mobil patroli polisi menjadi mobil serba guna. Artinya, tak sekedar untuk giat patroli saja.

Kapolres Rembang, AKBP Sugiarto menjelaskan mobil patroli harus berfungsi lebih luas, dalam melayani masyarakat 24 jam non stop. Ia mencontohkan ketika ada warga sakit atau ibu akan melahirkan, sulit mendapatkan armada mobil pada malam hari, warga dipersilahkan menghubungi anggota Babinkamtibmas. Mobil patroli Polsek siap datang menuju lokasi, guna mengantarkan ke Puskesmas atau rumah sakit. Menurutnya, pelayanan semacam itu tidak akan dipungut biaya.

Begitu pula misalnya mobil patroli kebetulan melintas di jalan raya, mendapati warga butuh tumpangan, anggotanya diperintahkan mengangkut. Tentu dengan tetap memperhitungkan faktor keamanan. Kapolres menambahkan polisi adalah pelindung dan pelayan masyarakat. Ia ingin supaya pelayanan jangan menjadi simbol, tetapi harus diterapkan melalui tindakan nyata. Beberapa Polsek sudah melaporkan pemakaian mobil patroli untuk membantu warga.

Seorang warga desa Sudo Kec. Sulang, Sarpan mengaku mendukung gagasan tersebut. Apalagi armada kendaraan di Puskesmas terbatas. Menurutnya sangat bagus, karena bisa mempermudah masyarakat memperoleh fasilitas mobil gratis. Kebetulan Sudo jaraknya dengan Mapolsek Sulang cukup jauh. Harapannya program itu berjalan, tanpa harus memberatkan anggota polisi. Selama ini ketika ada yang butuh mobil untuk keperluan darurat, biasanya meminta tolong warga setempat.

Warga lainnya di Kec. Sumber, Suwarni menuturkan saat di jalan ingin mencegat mobil polisi, selalu muncul rasa sungkan. Tapi setelah Kapolres Rembang mengeluarkan kebijakan mobil serba guna, menurutnya perlu dicoba, guna mengetahui arahan atasan benar – benar serius dijalankan oleh anggota atau tidak. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *