Flash News
No posts found

“Kalau Hanya Berwisata, Tunda Dulu Saja…”

Singapura menjadi salah satu negara yang terjangkit Virus Zika.

Singapura menjadi salah satu negara yang terjangkit Virus Zika.

Rembang – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Rembang mengingatkan warga untuk tidak bepergian ke Singapura dulu, apabila tidak terlalu penting. Hal itu terkait dengan penyebaran Virus Zika yang merebak di Singapura.

Kepala DKK Rembang, Ali Syofi’i, Senin siang (05 September 2016) mengatakan saat musim liburan, sudah banyak warga Kab. Rembang berwisata ke Singapura. Apalagi belakangan ramai tawaran paket dengan tarif yang terjangkau. Kalau hanya sekedar berwisata, sebaiknya masyarakat bisa menunda, untuk mencegah penularan Virus Zika. Biro – biro travel diharapkan ikut membantu menyebarluaskan. Hal itu setelah Kementerian Kesehatan dan Kementerian Luar Negeri mengeluarkan peringatan khusus, bagi warga yang akan ke Singapura.

Sedangkan penanganan di daerah, DKK masih menunggu arahan resmi dari Kementerian Kesehatan. Namun sejauh laporan dari Puskesmas, belum ada pasien yang terinfeksi Virus Zika di Kab. Rembang.

Virus Zika disebabkan nyamuk aedes aegypti. Gejala penderitanya mirip demam berdarah, seperti demam, kulit berbintik merah, sakit kepala, nyeri sendi dan mengalami peradangan. Apabila menyerang ibu hamil, virus ini rawan mengakibatkan janin cacat dan ukuran kepalanya lebih kecil (microcephaly).

Langkah penanganan, pasien diwajibkan istirahat yang cukup, memperbanyak minum air putih agar tidak dehidrasi, minum obat guna mengurangi nyeri maupun demam dan carilah layanan pengobatan terdekat. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *