Flash News
No posts found

Pendaftar Putra Putri Bahari Belum Penuhi Target, Satu Alasan Jadi Kendala

Seorang warga mendatangi kantor Dislutkan Kab. Rembang, untuk mendaftar dalam ajang pemilihan Putra Putri Bahari.

Seorang warga mendatangi kantor Dislutkan Kab. Rembang, untuk mendaftar dalam ajang pemilihan Putra Putri Bahari.

Rembang – Persyaratan harus bisa berenang atau menguasai salah satu cabang olahraga air mengakibatkan jumlah pendaftar pemilihan Putra Putri Bahari di Kab. Rembang masih belum memenuhi target, sampai dengan batas akhir pendaftaran, hari Sabtu (10 September 2016). Panitia akhirnya memperpanjang masa pendaftaran.

Handito Aji Prasetyo, salah satu panitia pemilihan Putra Putri Bahari Kab. Rembang menjelaskan hingga Sabtu siang tercatat ada 20 orang peserta, terdiri dari 10 putra dan 10 putri. Mayoritas berstatus sebagai mahasiswa, karena pendaftar diwajibkan minimal lulus SMA sederajat.
Target awal, paling tidak 30 orang pendaftar bisa ikut seleksi. Tapi karena kuota masih kurang, maka pihaknya memutuskan pendaftaran diperpanjang sampai penutupan daftar ulang, tepatnya tanggal 16 September 2016.

Handito yang sehari – hari merupakan tenaga pendamping program Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat (Pugar) di Dinas Kelautan Dan Perikanan Kab. Rembang ini membeberkan sejumlah persyaratan untuk peserta. Diantaranya warga ber KTP Kab. Rembang, tinggi badan bagi perempuan minimal 160 centi meter dan laki – laki minimal 170 centi meter, belum pernah menikah, sehat jasmani/ rohani, dapat berenang atau menguasai salah satu cabang olahraga air, memiliki kemampuan berbahasa asing dan menyiapkan karya tulis tentang kelautan. Dari serangkaian syarat itu, rata – rata banyak calon pendaftar terpaksa mundur, lantaran belum bisa berenang.

Menurutnya, syarat bisa renang sudah ditentukan dari tingkat pusat. Bagaimanapun, kelak Putra Putri Bahari akan banyak berhubungan dengan laut. Tentu kurang pas, kalau mereka yang terpilih, ternyata tidak bisa berenang.

Ajang yang baru kali pertama digelar ini, rencananya babak grand final berlangsung di Pendopo Museum Kartini Rembang, tanggal 24 September 2016. Bagi peserta terbaik, akan lolos ke tingkat provinsi Jawa Tengah hingga pusat. Pemilihan Putra – putri Bahari merupakan salah satu strategi pemerintah, untuk lebih mengenalkan potensi kelautan dan perikanan. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *