Flash News
No posts found

Ditawari Jualan Online, Tanggapan Bakul Keliling Bikin Geli

Bakul belanja keliling di Rembang.

Bakul belanja keliling di Rembang.

Rembang – Bakul belanja keliling di Rembang disarankan mulai memikirkan untuk bisa berjualan secara online, menggunakan berbagai aplikasi HP android.

Miftachussolichin, seorang pegiat penjual barang secara online mengatakan tatanan ekonomi masyarakat kian bergeser. Jarak jauh didekatkan dengan sarana telekomunikasi yang canggih. Kerap pula ibu rumah tangga malas keluar untuk berbelanja. Mereka inginnya praktis, tinggal sms atau telefon, barang sudah sampai. Menurutnya, peluang tersebut bisa digunakan oleh bakul belanja, untuk melebarkan sayap dengan layanan online, sama halnya tukang ojek online Gojek.

Panisih, seorang bakul belanja keliling dari desa Glebeg Kec. Sulang mengaku kesulitan mengoperasikan HP. Artinya, jangankan online, pencet HP saja masih bingung. Selama ini dirinya lebih banyak keliling dengan mengandalkan sepeda onthel. Tiap hari mangkal di sekitar Perumahan Turusgede sampai ke dusun Balong Wetan desa Kumendung. Dengan model seperti itu saja sudah laku, baginya belum perlu memakai sistem online.

Koordinator Paguyuban Bakul Belanja Keliling Rembang (PB2KR), Linda Setyowati menuturkan sejumlah bakul sudah membawa HP. Kerap konsumen memesan barang belanjaan melalui pesan pendek sms. Sepulang bakul dari pasar, diantarkan ke rumah pembeli. Pihaknya belum menjajaki membuat aplikasi online, mempertimbangkan efektivitas. Alasannya, mobilitas bakul belanja keliling juga terbatas dengan jarak, rata – rata maksimal sejauh 5 kilo meter.

Linda menambahkan omset jualan para bakul berkisar antara Rp 500 ribu sampai dengan Rp 1 juta per hari. Selama mereka mengedepankan pelayanan yang ramah dan kualitas barang dagangan terjamin, bakul belanja masih terbuka peluangnya untuk memperluas pangsa pasar. Apalagi belakangan ini komplek perumahan di daerah pinggiran kota Rembang terus bertambah. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *