Flash News
No posts found

Optimalkan Barang Bekas, Kelompok Ini Penuh Inovasi

Anggota kelompok tani di dusun Pentil mencacah tebon dengan mesin buatan sendiri, memanfaatkan barang bekas.

Anggota kelompok tani di dusun Pentil mencacah tebon dengan mesin buatan sendiri, memanfaatkan barang bekas.

Kaliori – Berawal dari kerepotan menyiapkan pakan ternak, kelompok tani ternak Mekar Jaya di dusun Pentil desa Gunungsari Kec. Kaliori berhasil menciptakan alat pencacah batang tanaman jagung (tebon) dan rumput gajah, untuk menopang penggemukan sapi.

Jasmani, salah satu anggota kelompok mengatakan semula pencacahan tebon menggunakan mesin diesel. Tapi ternyata kurang efektif. Setelah itu muncul ide, memodifikasi mesin pompa air bekas, digabungkan dengan alat pemotong rumput. Begitu jadi, dayanya disokong arus listrik. Mesin pemotong ditutupi kotak kayu, supaya aman. Tebon atau rumput gajah tinggal dimasukkan, kemudian akan langsung terpotong kecil – kecil.

Menurutnya sangat praktis dan murah. Perkiraan butuh ongkos kurang dari Rp 2 juta. Manakala kaum pria sibuk di sawah, para wanitapun bisa mengoperasikan. Langsung “dicolok” ke stop kontak listrik, mesin pencacah sudah jalan. Beda ketika masih memakai diesel, sering anggota kelompok wanita merasa kesulitan.

Seorang perangkat desa Gunungsari, Maryoso mengatakan keberhasilan kelompok tani ternak Mekar Jaya memang membawa angin segar bagi masyarakat sekitar. Warga semakin berani spekulasi melakukan penggemukan sapi, karena sangat menjanjikan. Bahkan aktivitas itu juga mulai dicontoh kelompok lain di luar desa.

Maryoso menambahkan ternak sapi yang ditangani kelompok sudah mencapai 150 ekor. Rata – rata dirawat di rumah, namun masih dalam lingkup koordinasi pengurus. Mulai pasokan pakan, perawatan, penimbangan bobot hingga penjualan. Setelah menciptakan alat pencacah tebon dan pembuatan bio gas, pemerintah desa akan terus mendorong kelompok tersebut, agar lebih berdaya dengan inovasi baru. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *