Flash News
No posts found

Berawal Dari Sidak, DPRD Siap Panggil Aparat Desa Mlagen

Kondisi balai desa Mlagen Kec. Pamotan sepi, saat disidak Komisi A DPRD Rembang, baru – baru ini.

Kondisi balai desa Mlagen Kec. Pamotan sepi, saat disidak Komisi A DPRD Rembang, baru – baru ini.

Pamotan – Komisi A Bidang Pemerintahan DPRD Rembang berencana memanggil Penjabat kepala desa dan perangkat desa Mlagen Kec. Pamotan, karena saat anggota dewan melakukan inspeksi mendadak ke Balai Desa Mlagen, suasananya sangat sepi, padahal masih jam kerja.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Rembang, Sukarmain, Minggu siang (30 Oktober 2016) menjelaskan pemanggilan diagendakan pekan depan.

Ia mengisahkan kronologisnya bahwa desa Mlagen termasuk desa yang akan mengikuti pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, tanggal 30 November mendatang. Ketika rombongan anggota DPRD tiba, balai desa dalam keadaan semrawut. Hanya terdapat 1 orang kepala dusun wanita tampak kebingungan. Yang bersangkutan menyampaikan rekan – rekannya takziyah, karena ada warga meninggal dunia. Kebetulan proses pemakaman sudah selesai, sehingga Kadus diminta menghubungi perangkat desa maupun panitia Pilkades. Namun ditunggu cukup lama, ternyata mereka tidak datang. DPRD akhirnya memilih meneruskan Sidak ke balai desa lain. PJ Kades Mlagen diampu pegawai Kec. Pamotan. Pihaknya merasa perlu mendapatkan penjelasan, guna memastikan persiapan Pilkades lancar.

Sukarmain yang juga Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kab. Rembang ini membenarkan selama bulan Oktober, Komisi A memang gencar menggelar inspeksi ke 43 desa yang akan melangsungkan Pilkades serentak. Pihaknya ingin memastikan tak ada masalah berarti. Lagipula Pemkab menggelontorkan dana sekira Rp 2 miliar, untuk keperluan Pilkades serentak. Maka DPRD harus mengimbangi dengan pengawasan rutin. Secara umum, mayoritas desa cukup bagus. Bahkan antusiasnya tergolong tinggi, menyambut pesta demokrasi di tingkat desa ini.

Politisi dari desa Seren Kec. Sulang tersebut mendorong dana yang tersedia efektif dan bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin. Ia mengajak masyarakat turut mengawasi. Kalau muncul ketidakberesan, Komisi A DPRD siap menampung laporan. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *